PEMETAAN PROFIL DAKWAH DI KOTA BANDUNG

Bambang Saiful Ma'arif

Abstract


Kegiatan dakwah kota Bandung selalu berdinamika menuju dakwah yang lebih berkualitas. Dakwah tidak dilakukan dengan cara serampangan, namun dirancang secara matang dan menawarkan suatu inovasi sesuai dengan faktor-faktor sosio-demografisnya. Dakwah yang dilakukan selama ini lebih mengandalkan kepada pengalaman para dainya, kerena tidak dimilikinya data tentang peta profil dakwah di kota Bandung. Melalui Penelitian ini diperoleh gambaran tentang peta dakwah di kota Bandung berdasarkan kondisi sosio-demografis jemaah di kota Bandung pada 3 zona, yaitu: di pusat kota, pinggir sedikit, dan pinggir sekali, dengan melihat pada wilayah hunian: perumahan dan non-perumahan. Data yang ada dapat menjadi landasan kegiatan berdakwah yang efektif. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan alat pengumpulan datanya melalui angket. Penelitian ini menghasilkan bahwa ada faktor sosio-demografis berkaitan dengan kecenderungan dalam dakwah. Data tentang peta profil Dakwah di kota Bandung akan memudahkan para dai untuk mendapatkan capaian dakwah yang sesuai dengan kondisi pihak yang diseru, disenangi oleh masyarakat, dan karenanya persuasif. Semua data tersebut mengantarkan tim peneliti untuk melihat kepada adanya profil dakwah di kota Bandung, yang merupakan suatu irisan dari berbagai aspek tersebut.

Keywords


peta dakwah, sosiodemografi dakwah, dakwah kota Bandung

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz, Jum’ah Amin. (2000). Fiqih Dakwah. Solo: Era Intermedia.

Abdul Khaliq, Abdurrahman. (1996). Metode dan Strategi Da’wah Islam. Jakarta: Pustaka al-Kautsar.

Abdurrahman. (2010). Recik-Recik Dakwah. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Abd. Rahman, Dudung. (2009). Kisi-Kisi Materi Bekal Dakwah. Bandung: Mujahid.

Al-Faruq, Umar. (2013). Kisah-Kisah Mengharukan dalam Kehidupan Rasulullah Saw.

Surakarta: Al-Qudwah Publishing.

Al-Mubarakfuri, Syekh Safiyyurrahman. Perjalanan Hidup Rasul Yang Agung Muhammad Saw. dari Kelahiran Hingga Detik-Detik Terakhir. Jakarta: CV. Mulia Sarana Press

Aripudin, Aep. (2012). Dakwah Antarbudaya. Bandung: Rosda Remajakarya.

Al-Tirmidzi, Abi Abdullah. (2002). Metafora Hikmah Perumpamaan-Perumpamaan dalam Al-Quran, al-Sunnah dan Ulama. Jakarta: Gema Insani Press.

Aziz, Muhammad Ali. (2012). Ilmu Dakwah. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media

Group.

Azzam, Abdullah. (1419 H). Nasehat-Nasehat Rasulullah Penawar Lelah Pengemban

Dakwah. Yogyakarta: Uswah.

Dawson, Roger. (1999). Rahasia Kekuatan Bujukan. Alih bahasa: Anton Adiwiyoto. Jakarta: Mitra Utama.

Faizah, dan L. M. Effendi. (2009). Psikologi Dakwah. Jakarta: Rahmat Semesta.

Gulen, Fathudin. (2011). Dakwah Jalan Terbaik dalam Berpikir dan Menyikapi Hidup. Jakarta: Republika.

Hamka. (1982). Prinsip dan Kebijaksanaan Da’wah Islam. Jakarta: Umminda.

Hasjmy, A. (1984) Dustur Dakwah menurut Al-Quran. Jakarta: Bulan Bintang.

Jum’ah, Ali. (2013). Menjawab Dakwah Kaum ‘Salafi’. Jakarta: Khatulistiwa Press.

Ma’arif, Bambang Saiful. (2010). Menjaga Hati Merajut Ukhuwwah Meretas Pesan-pesan Bijak Aa Gym dan Kang Jalal. Bandung: Nuansa.

Ma’arif, Bambang Saiful. (2010). Komunikasi Dakwah Paradigma untuk Aksi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rinaldi, John. (2014).Nasihat-Nasihat Emas Khulafaur Rasyidin. Yogyakarta: Sabil.

Shaleh, Hafidz. (2013). Metode Dakwah Al-Quran. Jakarta: Al-Azhar Press.

Zakaria, A. (2005). Materi Dakwah untuk Da’i dan Muballigh. Bandung: Risalah Press.