ANALIS KEBUTUHAN PROGRAM PENDAMPINGAN GURU SDN GUNAMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS

Dewi Rosiana, Stephani Raihana Hamdan, Anna Rozana, Dinda Dwarawati

Abstract


Sekolah Dasar Negeri dituntut untuk bersiap diri dengan basis inklusi. Kondisi ini memunculkan kebutuhan para guru yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman bekerja mengajar siswa reguler untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengajar siswa berkebutuhan khusus. Dalam penelitian ini dipaparkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan pada 28 orang guru SDN di Bandung yang berasal dari 3 sekolah yang berbeda. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa perlunya meningkatkan 1) pengetahuan guru tentang karakteristik siswa berkebutuhan khusus dan identifikasi masing-masing kebutuhan khusus, 2) pengetahuan guru tentang berbagai metoda mengajar bagi siswa berkebutuhan khusus, 3) kemampuan guru dalam menerakan berbagai metoda mengajar bagi siswa berkebutuhan khusus, 4) diperlukan pula assesment siswa berkebutuhan khusus bagi siswa kurang mampu dan 5) fasilitas yang menunjang untuk pembelajaran yang bersifat teurapeutik.

Keywords


Analisis kebutuhan, Program Pendampingan, Kemampuan Mengajar, Guru SDN, Siswa Berkebutuhan Khusus

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Graziano, A.M. (2002). Developmental Disabilities: Introduction to A Diverse Field. Boston: Allyn and Bacon.

Hallahan, D.P. dan Kauffman, J.M. (1988). Exceptional Children: Introduction to Special Education. (4th ed). USA: Prentice Hall.

Lerner, J. (2003). Learning Disabilities: Theories, Diagnosis, and Teaching Strategies. Boston: Houghton Mifflin Company.

Lyon, G.R., Fletcher, J.M., Shaywitz, S.E., Shaywitz, B.A., Torgesen, J.K., Wood, F.B., Schulte, A., Olson, R. (2001). Rethinking Learning Disabilities. Thomas B. Fordham Foundation. (Online). Diakses 9 Mei 2003. Sumber: http://www.edexcellence.net/library/ special_ed/special_ed_ch,12.pdf.

Yusuf, M. Sunardi, Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi Anak dengan Problema Belajar. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

www.kesulitanbelajar.org : Artikel dr.Ika Widyawati,SpKJ. Dengan judul “Penatalaksanaan Gangguan Belajar pada Anak.†Diakses tanggal 1 Juni 2010.

Nawangsari, Nur Ainy Fardana & Suprapti, Veronika. 2008. Identifikasi dan Model Intervensi Gangguan Kesulitan Belajar pada Siswa Sekolah Dasar di Surabaya. Surabaya : Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Sumber : www.unair.ac.id.

Sumantri & Badriyah, Siti. 2005. Laporan Penelitian : Upaya Mengatasi Problem Belajar dengan Pendekatan Inklusif. Surakarta : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sumber : www.ums.ac.id