ANALISIS PENGARUH MEREK, KUALITAS PRODUK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA DI KELURAHAN KUDAILE KECAMATAM SLAWI KABUPATEN TEGAL

Niken Wahyu Cahyaningtyas, Aminul Fajri

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis terdapat tidaknya hubungan antara merk, kualitas produk,iklan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di kelurahan Kudaile Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Karekteristik pembeli dan proses pengambilan keputusan pembeli menghasilkan keputusan pembelian tertentu yaitu pemilihan produk. Dewasa ini persaingan Perusahaan untuk memperebutkan konsumen tidak lagi terbatas pada atribut fungsional produk seperti kegunaan produk, melainkan sudah dikatikan dengan merek yang mampu memberikan citra khusus bagi pemakainya, dengan kata lain peranan merek mengalami pergeseran. Tujuan penelitian, dicapai dengan menguji instrument pengukuran dengan uji validitas dan reliabilitas dan menggunakan alat analisis korelasi rank spearman, korelasi berganda dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat hubungan merk, kualitas produk dan iklan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun bersama sama. Hasil hubungan merek, Kualitas produk, dan iklan secara bersama-sama dengan keputusan pembelian sepeda motor Honda tergolong kuat sebesar 75,1 %. Dan besarnya nilai koefisien determinasi sebesar 0,564 atau sama dengan 56,4 %. Nilai koefisien determinasi tersebut berarti bahwa sebesar 56,4 % keputusan pembelian sepeda motor Honda dapat dijelaskan menggunakan variabel merek, kualitas produk dan iklan sedangkan sisanya yaitu 21,4 % tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini

Keywords


Keputusan Pembelian, Merk, Kualitas Produk, Iklan

Full Text:

PDF

References


Durianto, D., Sugiarto, A.W. Widjaja dan Supratikno, H. 2003. Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Kasali, R. 2007. Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Pustaka Utama Grafiti: Jakarta

Kotler, P., & Keller, K.L., 2009. Manajemen Pemasaran, edisi 13. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Lamb, C.W., Hair, J.F., & McDaniel, C., 2009. Pemasaran, buku 1. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Priyatno, D. (2009). SPSS untuk Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate. Yogyakarta: Gava Media.

Rangkuti, F., 2003. Analisis Swot Teknis Membedah Permasalahan Bisnis, “reorientasi konsep perencanaan strategis untuk menghadapi abad 21.†Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rangkuty, F. (2008). The Power of Brands Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek + Analisis Kasus dengan SPSS. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Roslina. (2010). Citra Merek : Dimensi, Proses Pengembangan, Serta Pengukurannya. Jurnal Bisnis dan Manajemen , 333-346.

Schiffman & Kanuk. (2004). Perilaku Konsumen (edisi 7). Jakarta : Prentice Hal

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Swastha, B., & Irawan., 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Penerbit Liberty, Yogyakarta