ANALISIS PENERAPAN E-TILANG DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DI INDONESIA

Syeni Rakhmadani

Abstract


Salah satu langkah perbaruan dan perubahan yang diambil Pemerintah Indonesia untuk memperbaiki sistem pelayanan publik dalam pelanggaran dalam berlalu lintas adalah dengan menerapkan e-Tilang. Keberadaan e-Tilang di Indonesia sangat di perlukan karena tekait sejumlah pertimbangan dari banyaknya permasalah-permasalahan yang terjadi dalam penegakan hukum mengenai pelanggaran-pelanggaran berlalu lintas mulai dari pungutan liat, istilah damai ditempat, masalah sidang tilang dipengadilan hingga akutabilitas uang denda. Melaui e-Tilang diharapkan agar pelayanan publik yang diberikan dapat lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik. Artikel ini akan menganalisis bagaimana penerpan e-Tilang dalam mewujudkan Good Governance di Indonesia yang dilihat dari partisipasi masyarakat, transparasi, akuntabilitas, efektif dan efisien.


Keywords


Good Governance, e-Tilang

Full Text:

PDF

References


A. Karim, Adiwarman (2006), Bank Islam, Analisis Fiqih dan Keuangan, edisi ketiga, Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Adisasmita, Raharjo (2011), Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Karim, Adiwarman, Bank Islam, Analisis Fiqih dan Keuangan, edisi ketiga, Jakarta, RajaGrafindo Persada,

Mahmudi. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Mulyadi, Deddy (2016), Studi Kebijakan dan Pelayanan Publik : Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik Berbasis Analisis Bukti untuk Pelayanan Publik, Alfabeta: Bandung.

Sedarmayanti (2009), Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik). Bandung : Refika Aditama

Sudikno Mertokusumo, 2007, Mengenal hukum suatu pengantar, ed.ke-3 cet.ke-1. Yogyakarta: Liberty.

Sumber Lain :

Undang – Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Jalan dan Angkutan Jalan

Peraturan Pemerintah No 80 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaran Bermotor di Jalan Dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

http://indrayanti_prastica-fisip15.web.unair.ac.id/artikel_detail-165462-EGovernance-ANALISIS%20PENERAPAN%20ETILANG%20DI%20INDONESIA.html