APLIKASI KOMUNIKASI ORGANISASI UNTUK MEMBANGUN MOTIVASI KERJA KARYAWAN BUMN

R. R. Dinar Soelistyawati

Abstract


Penelitian ini mengemukakan tentang komunikasi organisasi yang dilakukan oleh pimpinan di BUMN (Badan Usaha Milik Negara), dimana komunikasi organisasi ini merupakan salah satu tujuan dalam melakukan pendekatan dan memotivasi karyawan yang berada dalam suatu BUMN.Konsep yang dibangun untuk menjawab masalah pokok yang juga menjadi kerangka teori adalah komunikasi, komunikasi organisasi, motivasi, karyawan dan kepemimpinan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari data primer melalui wawancara mendalam dan observasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode eksplanatif. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa kegiatan komunikasi organisasi yang dilakukan oleh humas BUMN sangatlah memadai, walaupun belum maksimal dalam pelaksanaannya karena masih terdapat kendala dan hambatan berupa Sumber Daya Manusia. Kesimpulan dari peneltian ini menunjukkan bahwa pimpinan di BUMN sangat berperan aktif dalam penyebaran informasi kepada public dan dapat ditingkatkan secara terus menerus untuk membangun motivasi kerja karyawan.

Keywords


Komunikasi organisasi, motivasi kerja, karyawan

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan.2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Effendy, Onong Uchjana, 1993. Human Relations dan Public Relations. Bandung: CV Mandar Maju.

----------, ------------------, 2006. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Fajar, Marhaeni, 2009. Ilmu Komunikasi. Teori dan Praktek. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Hasibuan, Malayu SP. 2003. Organisasi dan Motivasi : Dasar Peningkatan dan Produktivitas. Jakarta : Bumi Aksara.

Jefkins, Frank. 2000 Public Relations. Jakarta : Erlangga.

Krisyantono, Rachmat. 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Media Group.

Manullang, M. 2004. Manajemen Personalia. Yogyakarta : Gajahmada University.

Moleong, Lexy. J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Mowen, John. C dan Michael, Minor. 2002. Perilaku konsumen. Jakarta : PT Penerbit Erlangga.

Muhammad, Arni. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana Pemuda.

Mulyana, Deddy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif : Para digma Baru Ilmu Komunikasi dan ilmu Sosial Lainnya. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : Rineka Cipta.

Pace, R. Wayne dan Don, F. Faules. 2006. Komunikasi Organisasi. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Romli, Khomshrial. 2011. Komunikasi Organisasi Lengkap, Jakarta : PT Grasindo.

Ruslan, Rosady. 2005. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta : PT Raja Grafindo.

--------, ---------.2006. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi : Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Setiadi, Nugroho. J. 2008 Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Kencana.

Soemirat, Soleh dan Ardianto Elavaro. 2002. Dasar-dasar Public Relations. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sutarto. 2002. Dasar-dasar Organisasi. Yogyakarta : Gajahmada University Press.

Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Wahyusumidjo. 1996. Pola Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta : Rineka Cipta.

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Grasin