IMPLEMENTASI TEKNOLOGI WEB SERVICE PADA APLIKASI INFORMASI LOWONGAN KERJA BERBASIS MOBILE

Ari Muzakir

Abstract


Dengan teknologi yang terus berkembang tersebut semakin banyak data dan informasi yang dipertukarkan baik secara langsung maupun tidak langsung. Pertukaran data tersebut tentunya banyak yang tidak memiliki format yang standar sehingga perlu dilakukan standarisasi menggunakan web service. Web service merupakan teknologi pertukaran data yang saat ini masih digunakan oleh perusahaan dalam menyebar dan mengumpulkan informasi. Dengan ini penelitian ini bermasksud mengembangkan informasi lowongan pekerjaan pada Harian berita Pagi menggunakan teknologi berbasis mobile. Dengan adanya sistem yang berbasis mobile ini, maka akan mempermudah proses pencarian dan mengupdate suatu informasi lowongan pekerjaan yang diharapkan dapat membantu masyarakat kota Palembang dalam mencari pekerjaan. Adapun sistem yang akan dipergunakan oleh penulis adalah berupa suatu program software yang dibuat dengan menggunakan editor Eclipse dengan bahasa pemrograman Java, PHP menggunakan teknologi Web Service untuk pertukaran data serta komunikasi data antara mobile android dengan web server. Hasil implementasi yang dilakukan mengindikasikan bahwa dengan web service memberikan kemudahan dalam pertukaran informasi lowongan kerja untuk dikonsumsi oleh masyarakat luas. Masyarakat diberikan kemudahan dalam mengakses informasi lowongan kerja hanya menggunakan perangkat android mereka.

Kata Kunci: Teknologi web service, aplikasi informasi lowongan kerja, Koran Harian Berita pagi, sistem informasi


Keywords


Teknologi web service, aplikasi informasi lowongan kerja, Koran Harian Berita pagi

Full Text:

PDF

References


Muzakir, A., 2017. Framework Phonegap Sebagai Teknologi Cross-Platform Mobile Development: Studi Kasus Kamus Tumbuhan. KNTIA, 4.

Rakhim, R., 2010. “Keamanan Web Service Menggunakan Token “.Tesis S2 Magister Ilmu Komputer. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Roger, S. Pressman. , 2012, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) Edisi 7 : Buku 1 “, Yogyakarta: Andi

Sari, D.R., Kunang, Y.N. and Muzakir, A., 2015, August. Sistem Keamanan SSO Berbasis SAML pada Jalur Komunikasi dengan Menggunakan XML Encryption. In Student Colloquium Sistem Informasi & Teknik Informatika (SC-SITI) (Vol. 1). Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Darma.

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabeta.




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0