TOP DOWN NETWORK DESIGN DALAM PERANCANGAN JARINGAN KOMPUTER PADA SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN

Maria Ulfa

Abstract


Jaringan komputer merupakan suatu kumpulan beberapa komputer yang terhubung satu sama lainnya melalui media perantara seperti switch, router dan sebagainya, sehingga masing-masing komputer dapat terhubung dan saling bertukar data maupun berbagi perangkat keras. Pada dunia pendidikan telah banyak sekolah yang menerapkan sistem pembelajaran online, Ujian Akhir Semester dan ujian nasional secara online yang menggunakan jaringan komputer, sehingga sangat membutuhkan kondisi jaringan komputer yang baik serta memiliki kecepatan akses yang cepat, dan aman dari berbagai bentuk serangan hacker, cracer ataupun virus. SMA Negeri 1 Indralaya Selatan memiliki arsitektur jaringan komputer yang belum terstruktur dengan baik, seperti dalam perancangan topologi jaringan dan manajemen IP Address serta sistem keamanan jaringan, oleh karena itu sangat dibutuhkan perancangan jaringan komputer yang memiliki performance yang baik sehingga dapat bekerja secara optimal, agar sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan, dengan menggunakan metode Top Down Network Design yaitu metode merancang jaringan mulai dari lapisan teratas sampai pada lapisan paling bawah pada OSI (Open System Interconnection) layer, dengan metode tersebut diharapkan dapat menghasilkan arsitektur jaringan komputer yang dapat menunjang semua aktivitas guru, siswa dan pegawai TU (Tata Usaha) pada SMA Negeri 1 Indralaya Selatan


Keywords


Jaringan komputer, Top Down Network Design, SMA Negeri 1 Indralaya Selatan

Full Text:

PDF

References


Kurose, James F dan Keith W.Ross. 2010. Computer Networking: A Top Down Approach Featuring The Internet, Fifth Edition. Pearson Education.

Oppenhaimer, Priscillia. 2011. Top Down Network Design Thrid Edition. USA : CiscoPress.com.

Sugeng, Winarno. Putri, Dinnarwaty, Theta. 2015. Jaringan Komputer dengan TCP/IP. Bandung : Modula

Sofana, Iwan. 2013. Jaringan Komputer. Bandung : Informatika.

Tanembaum, Andrew S. 2000. Jaringan Komputer Edisi Bahasa Indonesia (Computer Networks 3e). Jilid 1, Gurnita Priatna, Prentice Hall, Inc. Jakarta : Prenhallindo.




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0