PERANGKAT LUNAK TES PENDAHULUAN PERKULIAHAN DI LABORATORIUM KOMPUTER UNIVERSITAS BINA DARMA

Nyimas Sopiah

Abstract


Universitas Bina Darma merupakan universitas yang mempunyai laboratorium komputer untuk mendukung kegiatan akademiknya. Laboratorium komputer banyak digunakan oleh mahasiswa fakultas Ilmu Komputer. Mahasiswa di dalam melakukan perkuliahan sejauh ini masih secara konvensional, yaitu dengan mendengarkan penjelasan dosen, kemudian beberapa minggu baru dilakukan tes. Dosen tidak bisa menilai kemampuan mahasiswa di dalam melakukan perkuliahan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dibuatlah perangkat lunak tes pendahuluan sebelum perkuliahan dilakukan yang berguna untuk mengetahui pemahaman mahasiswa terhadap perkuliahan sebelumnya, sehingga Dosen bisa memberikan materi perkuliahan berdasarkan pemahaman mahasiswa. Jika mahasiswa belum paham, maka Dosen akan mengulangi menjelaskan materi tersebut. Metode yang digunakan dalam membuat perangkat lunak ini adalah metode prototyping.


Keywords


Perangkat Lunak, Tes Pendahuluan, Prototyping

Full Text:

PDF

References


Irman Effendy, dan Nyimas Sopiah, 2017, Penggunaan Prototyping dalam Pembuatan Aplikasi Mobile untuk Latihan Tes Tertulis Izin Mengemudi, Jurnal MATRIK Vol.19 No.1, April 2017, Palembang.

Madcoms, 2009, Aplikasi Program PHP + MySQL untuk Membuat Website Interaktif, Andi, Yogyakarta.

Raditya Fajar dan Tri Handhika, 2014, Aplikasi Preliminary Test Course dan Smart Storage dalam Menunjang Kegiatan Praktikum di Universitas Gunadarma, Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 22 September 2014, Jakarta.

Roger S Pressman, 2010, Software Engineering: A Practitioner’s Approach, McGraw-Hill, New York.

Yuni Sugiarti, 2013, Analisis dan Perancangan UML (Unified Modeling Language) Generated VB.6, Graha Ilmu, Yogyakarta.




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0