PEMETAAN DATA KESEHATAN PENDUDUK BERDASARKAN LETAK GEOGRAFIS

Muhamad Ariandi, Eka Puji Agustini, Susan Dian Purnamasari

Abstract


Penggunaan dalam pemanfaatan teknologi informasi melalui cara pandang baru, yaitu dengan basis pemetaan berupa Sistem Informasi Geografis dalam bidang kesehatan. Dengan aplikasi GIS dapat dimanfaatkan untuk menentukan berbagai masalah dibidang kesehatan berdasarkan tingkat aspek geografis dari data kependudukan. Data kesehatan penduduk di Kecamatan Rambutan belum disajikan secara geografis, sehingga sulit untuk mengidentifikasi dan memecahkan permasalahan kesehatan yang di alami oleh penduduk di Kecamatan Rambutan. Dalam penelitian ini akan membanggun sistem informasi geografis (SIG) yang bertujuan untuk memetakan kesehatan masyarakat berdasarkan area-area geografis secara spasial. Di harapkan dengan adanya sistem informasi geografis ini akan membantu pihak yang terkait untuk dapat menganalisa permasalahan di bidang kesehatan. Penelitian ini dibuat dengan mengikuti tahapan pada Research and Development.


Keywords


SIG, Kesehatan, Pemetaan

Full Text:

PDF

References


Aronoff, Stan. 1989. Geographic Information System; A Management Perspective, Ottawa. WDL, Publications.

John E. Harmon, Steven J. Anderson. 2003. Design and Implementatiom of Geographic Information Systems. John Wiley and Sons: New Jersey.

Gunawan (2004) , Makalah untuk pertemuan Dosen UKDW yang akan melaksanakan penelitian pada tahun 2005, URL:http://uny.ac.id




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0