PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PEMANFAATAN SAMPAH KERING DI RW 04 KELURAHAN KARANG PAMULANG KECAMATAN MANDALAJATI KOTA BANDUNG

Siti Sunendiari, Teti Sofia Yanti, Kiki Mulkiya

Abstract


Banyaknya sampah yang dihasilkan dari sektor rumah tangga, berkontribusi terhadap menumpuknya sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sebagai salah satu alternatif untuk dapat mengurangi jumlah sampah adalah dengan adanya pemilahan sampah kering sejak dari dalam rumah untuk kemudian dapat dimanfaatkan kembali menjadi barang yang lebih berguna. Lingkungan RW 04 Kelurahan Karang Pamulang, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung, sudah memiliki bank sampah yang berfungsi mengumpulkan sampah-sampah kering dari lingkungan masyarakatnya untuk kemudian dijual. Melalui kegiatan ini sampah sampah kering tersebut diolah agar mempunyai nilai jual yang lebih tinggi. Terdapat banyak teknik yang dapat digunakan untuk membuat kreasi dari berbagai barang-barang yang biasa dianggap sebagai sampah. Diantaranya adalah teknik Tusuk Jahitan Tangan (Tujata) dan teknik decoupage. Kegiatan PKM yang dilakukan mengusung tema pengenalan dan pelatihan teknik Tujata dan teknik decoupage. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini terkumpul 611 produk yang beraneka ragam yang terbuat dari bahan baku kain perca, bungkus kopi serta bekas kancing yang tak terpakai untuk produk bros, sedangkan untuk produk decoupage sangat bervariasi bahan bakunya yaitu dari botol minum, tempat HP, gallon air mineral bahkan dari media bahan plastik tempat es batu dari lemari es yang sudah tidak terpakaipun dijadikan produk daur ulang dengan hiasan decoupage. Produk yang dihasilkan biasanya dipasarkan melalui Banser Mart. Namun dengan banyaknya produk yang dihasilkan ibu ibu RW 04 Kelurahan Karang Pamulang, diharapkan dapat mendapatkan tempat untuk menjual hasil produknya secara online


Keywords


Teknik Decoupage, Teknik Tajuta, Banser Mart

Full Text:

PDF

References


Qodriyatun, Sri Nurhayati.2014. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengelolaan sampah berdasarkan UU No. 18 Tahun 2008. JurnalAspirasi, 5 (1), 21-33.

Rujukan dari internet

CNN Indonesia. Indonesia penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia (online), http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160222182308-277-112685/indonesia-penyumbang-sampah-plastik-terbesar-ke-dua-dunia/). diakses tanggal 24 November 2016.

Koran Sindo. 2015. Solusi pecahkan masalah sampah Kota Bandung (online), http://www.koran-sindo.com/news.php?r=5&n=66&date=2015-11-19. diakses tanggal 24 November 2016.




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0