PEMODELAN SISTEM AKADEMIK PERGURUAN TINGGI SWASTA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

Fatoni Fatoni, Edi Supratman, Darius Antoni

Abstract


Secara umum, seluruh perguruan tinggi  di provinsi sumatera selatan memiliki kesamaan proses bisnis akademik dan kebutuhan sistem informasi. Namun kenyataannya setiap perguruan tinggi membangun arsitektur dan komponen sistem akademiknya secara sendiri-sendiri. Saat ini belum banyak tersedia model atau arsitektur sistem akademik yang tepat dan cocok diterapkan dalam institusi perguruan tinggi di provinsi sumatera selatan khusunya dikota Palembang. Berdasarkan survei awal terhadap 6 perguruan tinggi swasta di kota palembang, ternyata arsitektur  dan komponen sistem akademik yang ada saat ini sebagian besar hanya berada dalam ruang lingkup terbatas pada perguruan tinggi tertentu. Dan juga belum mempertimbangkan berbagai sudut pandang, seperti berdasarkan arsitektur itu sistem seperti apa yang akan dibangun dan bagaimana membangunnya, apakah sudah bersifat dinamis yang bisa dimungkinkan untuk melakukan perubahan sebelum diimplementasikan sehingga risiko biaya dan kegagalan dapat dikurangi. Permasalahan tersebut menjadi dasar pemikiran untuk merancang suatu model sistem akademik perguruan tinggi swasta berbasis TI sekaligus sebagai pedoman untuk memberikan arah bagi penataan komponen, pengembangan, penerapan dan pelayanan. Penelitian ini menggunakan metodologi perencanaan EAP. Temuan dalam penelitian ini adalah rancangan arsitektur data, arsitektur aplikasi dan arsitektur teknologi. Penelitian menghasilkan sebuah model arsitektur sistem akademik berbasis TI dengan layanan meliputi penerimaan mahasiswa baru, pengelolaan kegiatan akademik dan pelepasan akademik.


Keywords


Pemodelan, Arsitektur, Sistem Akademik, EAP

Full Text:

PDF

References


forlap.dikti, 2017, Grafik Jumlah Perguruan Tinggi, http://forlap.dikti.go.id/ perguruantinggi/homegraphpt

Porter, Michael, (1985), Competitive Advantage : Creating and Sustaining Superior Performance for Analyzing Industries and Competitor, The Free Press.

Spewak, Steven H. With Steven C. Hill, Enterprise Architecture Planning (Developing a Blueprint for Data, Application and Technology), Jhon Wiley & Sons, Inc.

http://www.amazon.com/Enterprise-Architecture-Planning-Developing-Applica-tions/dp/0471599859#reader_0471599859, diakses Tanggal 08 Febuari 2015.

Suryana, Taryana, 2012, Perancangan Arsitektur Teknologi Iinformasi dengan Pendekatan Enterprise Architecture Planning, Majalah Ilmiah UNIKOM Vol.10, No. 2 Agustus 2012, http://jurnal.unikom.ac.id/jurnal/daftar-isi-jurnal-ilmiah.38, diakses Tanggal 12 Febuari 2015.




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0