ASPEK BISNIS PENGEMBANGAN PROPOLIS CAIR LOKAL INDONESIA

Budi Harsanto, Mahani Mahani

Abstract


Propolis adalah pangan fungsional yang terbukti selain untuk menjaga
kesehatan juga untuk menyembuhkan berbagai penyakit infeksi. Di pasar Indonesia,
terdapat tiga merk propolis yang terkenal. Ketiganyaberasal dari impor. Alasan
impor adalah belum tersedianya produk ekstrak propolis komersial lokal. Indonesia
memiliki hutan tropis yang besar sehingga propolis mentah lokal sebenarnya
mencukupi. Namun karena keterbatasan penguasaan Iptek, belum dapat diolah
menjadi ekstrak propolis. Terdapat peluang besar untuk menyediakan propolis
lokal. Perguruan Tinggi sebagai institusi yang bergerak dalam bidang Iptek
berkesempatan besar untuk mempelopori produksi propolis cair lokal melalui
program Ipteks bagi Inovasi Kesejahteraan Kampus (IbIKK) DP2M Dikti
Kemendiknas. Dengan memanfaatkan laboratorium yang ada, meski belum secara
massif, telah dapat dihasilkan propolis cair lokal. Propolis berbentuk curah ini
telah dibeli oleh perusahaan mitra yang mengolahnya lebih lanjut hingga dapat
beredar ke pasaran.

Keywords


bisnis, propolis, herbal, IbIKK

Full Text:

PDF

References


D.L. Morgan (1997). Focus Group as a Quality Researh. Sage, London.

Mahani, R.A. Karim, N. Nurjanah (2011). Keajaiban Propolis Trigona. Pustaka Bunda, Jakarta.

Pusat Perlebahan Nasional (1991). Petunjuk Pemeliharaan Lebah Madu (Apis cerana). Perum Perhutani.

Jakarta.

Rangkuti, Freddy (2006). Business Plan: Teknik Membuat Perencanaan Bisnis dan Analisis

Kasus.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Umar, Husein (2007). Studi Kelayakan Bisnis. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0