IBM KELOMPOK KEGIATAN DI KOMPLEK BUDI INDAH KELURAHAN PASIRKALIKI KECAMATAN CIMAHI UTARA KOTA CIMAHI

Dewi Shofi Mulyati, Iyan Bachtiar

Abstract


Sebagaimana kondisi pengelolaan sampah di berbagai wilayah, pengelolaan sampah di Komplek Budi Indah Kelurahan Pasirkaliki Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi saat ini masih menimbulkan masalah, karena kesadaran masyarakat dalam memilah sampah belum memasyarakat, hal ini dapat dilihat dari hanya sekitar 30% masyarakat yang telah melakukan pemilahan sampah. Melihat situasi demikian maka perlu dilakukan upaya peningkatan kesadaran kepada masyarakat di wilayah tersebut untuk aktif dalam pemilahan sampah dan atau pengolahan sampah kemasan menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai ekonomis. Tujuan yang ingin dicapai adalah memotivasi warga dalam memilah sampah, meningkatkan kemampuan Mitra dalam mengelola sampah kemasan, terbentuknya wadah usaha besama/kelompok usaha bersama (KUBE) produk kerajinan sampah kemasan, berjalannya kegiatan KUBE produk sampah kemasan Poktan RT. 03; RW 07 dan RT. 04; RW 07, Kelurahan Pasirkaliki. Solusi yang ditawarkan adalah diadakannya penyuluhan, pelatihan teknik pengolahan sampah kemasan, pelatihan manajemen bisnis dan kewirausahaan dan pendampingan pembentukan Unit Usaha/Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Keywords


Pengelolaansampah, pemilahansampah, KUBE

Full Text:

PDF

References


ESP DKI Jakarta. 2009. Pengelolaan sampah berbasis masyarakat. Modul pelatihan. Terdapat pada http://www.esp.or.id/wp-content/uploads/pdf/devtools/modul-cbswm-hi.pdf. Diunduh pada 22 Maret 2013-03-20.

Isroi. 2008. Mengelola sampah rumah tangga. Terdapat pada http://isroi.wordpress.com /2008/05/03/mengelola-sampah-rumah-tangga-di-perkampunganperkotaan. Diunduh pada 19 Maret 2013.

Nurheti Yuliarti, 2010. Dari Sampah Jadi Berkah, Andi, Yogyakarta

Satori, Moh.2008. Pengelolaan sampah terpadu berbasis 3R dalam skala kawasan studi kasus di Kelurahan Saruni Kabupaten Pandeglang. Penelitian.Diunduh pada 1 Mei 2013




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0