RANCANG BANGUN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA PERUSAHAAN PETROKIMIA MENGGUNAKAN OBJECT ORIENTED ANALYSIS AND DESIGN (OOAD)

Vidila Rosalina, Muhamad Natsir, Saefudin Saefudin

Abstract


Perusahaan-perusahaan petrokimia besar sekarang ini tidak hanya terfokus mengembangkan produk dan layanan yang unggul, akan tetapi mereka juga menyadari pentingnya Customer. Hal ini telah mendorong kemunculan Customer Relationship Management (CRM) untuk dapat menciptakan one-to-one relationship. Dengan memanfaatkan CRM, perusahaan akan mengetahui apa yang diharapkan dan diperlukan pelanggannya sehingga akan tercipta ikatan emosional yang mampu menciptakan hubungan bisnis yang erat dan terbuka. Dengan demikian retensi pelanggan dapat dipertahankan dan tidak mudah berpindah ke lain produk. Studi kasus penelitian ini dilakukan pada perusahaan petrokimia PT. Titan Petrokimia Nusantara, Tbk. Metode pendekatan pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi Object Oriented Analysis dan Design (OOAD). Pemodelan sistem Customer Relationship Management (CRM) ini menggunakan teknik pemodelan UML (Unified Modelling Language). Penelitian ini menghasilkan sebuah perancangan dan aplikasi sistem Customer Relationship Management (CRM) untuk perusahaan petrokimia dalam menangani kegiatan operasional pelanggan mulai dari sample request, customer trial, customer complaint, customer grouping sampai customer satisfaction.Hasil penelitian ini akan dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional.

Keywords


CRM, Petrokimia, Sistem, OOAD

Full Text:

PDF

References


Zikmund, W., R. McLeod and F. Gilbert (2003): Customer Relationship Management – Integrating Marketing Strategy and Information Technology, John Wiley & Sons

Bergeron, Bryan (2002), Essentials of CRM: A Guide to Customer Relationship Management. John Wiley & Sons, Inc., New York, USA

Kalakota, R dan Robinson, Marcia (2001), “E-Business 2.0 Roadmap for Success†Addsion Wesley Longman Inc, Massachusetts. Minoli, D., (2008), “Enterprise Architecture A to Zâ€, Boca Raton, CRC Press.

Booch, G. (2007). Object Oriented Analysis & Design With Applications, 3rd edition. Pearson Education.




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0