SISTEM IDENTIFIKASI GANGGUAN MATA DENGANMENGGUNAKAN PENDEKATAN RULE BASED SYSTEM

Akip Suhendar, Shodik Nuryadhin, Saefudin Saefudin

Abstract


Mata merupakan panca indera yang penting dan perlu dijaga dalam kehidupan sehari-hari.Keluhan terhadap gangguan mata dianggap hal yang biasa hal ini sangat berbahaya karena keluhan tersebut merupakan gejala awal dari penyakit mata.padapenelitian ini akan dibuat sebuah aturan dengan menggunakan pendekatan rule based system yang akan digunakan untuk memprediksi gangguan mata yang dialami sehingga dapat secara cepat mengetahui kemungkinan penyakit yang dapat ditimbulkan. Kriteria penentuan penyakit mata ditentukan oleh variabel gejala awal gangguan mata, hasil akhir penelitian ini adalah sistem berbasis aturan dengan pendekatan rule based system berdasarkan gejala awal gangguan mata sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

Keywords


mata, gangguan mata, rule based system.

Full Text:

PDF

References


Depkes, 2009, Parameter pencemaran udara dan dampaknya terhadap kesehatan, http://www.depkes.go.id (Di akses tanggal 30 November 2013, 14.30 wib)

Saputra, Pupu, Tingkat Pencemaran Di Cilegon Lewati Ambang Batas, http://www.elshinta.com (Di akses tanggal 02 desember 2013, 15.30 wib)

Aniba, siguenza, Friedrich, Plewniak, Poch, Marchler, Thompson., 2008, Knowledge – based expert systems and a proff of concept case study for multiple sequence aligment construction and analysis, Briefings in bio informatics, vol 10 no.1 II-23.

Liao SH., Expert system methodologies and applications, 2004, a decade review from 1995 to 2004. Exper t Syst Appl 2005;28.

Murtopo, Sarimurni., 2005, Pengaruh Radiasi Layar Komputerterhadap Kemampuan Daya Akomodasi Mata Mahasiswa Pengguna Komputer Di Universitas Muhamadiyah Surakarta, Jurnal Penelitian Sains & Teknologi, Vol. 6, No. 2, 2005: 153 - 163.

Prof., Samy, S. Abu Naser, Abu Zaiter A. Ola., 2008, An Expert System For Diagnosing Eye Diseases Using Clips, Journal of Theoretical and Applied Information Technology: 2005 - 2008 JATIT.




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0