FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN IMPLEMENTASI E-LEARNING DI KALANGAN MAHASISWA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI KOTA PALEMBANG

Kurniawan Kurniawan, Muhammad Nasir

Abstract


Elearning merupakan media pembelajaran yang disampaikan melalui media online. Media ini sering dikenal dengan sistem Learning Management System yang dapat menjalin komunikasi antara dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan proses pembelajaran.Untuk sebagian besar institusi, pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran yang mendukung kegiatan perguruan merupakan aset yang berharga. Perguruan tinggi yang sukses biasanya memahami keuntungan dan kegunaan dari teknologi informasi khususnya media pembelajaran elearning untuk mendukung kinerja Perguruan tinggi. Penelitian ini berisi tentang kajian perilaku pengguna (user) terhadap penggunaan media e-learning dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model kerangka pemikiran yang mengadopsi model UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology Model). Berdasarkan uji regresi diperoleh persamaan Y = 3,425 - 0,025 X1 + 0,025 X2 + 0,139 X3, diperoleh fakta bahwa variabel performance expectancy, effort expectancy tidak berpengaruh terhadap penerimaan pembelajaran menggunakan e–learning secara parsial. Namun variabel social influence berpengaruh terhadap penerimaan pembelajaran menggunakan e–learning secara parsial. Faktor-faktor dominan terhadap variabel implementasi e-learning mengungkapkan bahwa dengan media e-learning mahasiswa akan mengajurkan kepada rekan-rekan untuk menggunakan, mempromosikan sistem kepada masyarakat luas, serta mahasiswa memiliki perasaan senang dengan penggunaan media e-learning dalam proses pembelajaran.

Keywords


media pembelajaran, elearning, Model UTAUT

Full Text:

PDF

References


Azhary, R., dan Sari, I., 2008, Model-Model User Acceptance, Fakultas Ilmu

Komputer Universitas Indonesia, (Online), (Diakses http://bebas.vlsm.org/v06/

Kuliah/Seminar-MIS/2008/256/256-12-156-12-Model-Model-User-Acceptance.pdf,

Februari 2014 )

Faizin, N., M., 2009, Penggunaan Model Pembelajaran Multimedia Interaktif (MMI)

pada Konsep Listrik Dinamis untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan

Memperbaiki Sikap Belajar Siswa, Online, (Diakses http://smkn3-kuningan.net/

seminar_uny/04_Nor%20Faizin.pdf, Februari 2014)

Hafiar, Hanny, dkk. 2005. Pengaruh Pelatihan e-Learning Terhadap Motivasi Peserta

Dalam Penggunaan Metode E-learning di Universitas Padjadjaran Bandung.

Lucyana, M., 2006, Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran

Praktik Mesin Listrik Sub Pokok Bahasan Pelilitan Ulang Motor 1 Fasa, Online,

(Diakses http://digilib.unnes.ac.id/ gsdl/collect/skripsi/index/assoc/ HASH016a/

c1186cb4.dir/doc.pdf, Februari 2014)

Saade, G., R., dkk, 2007, Viability of the “Technology Acceptance Model†in

Multimedia Learning Environments : A Comparative Study, (Online)

Interdisciplinary Journal of Knowledge and Learning Objects Volume 3,

http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.100.5405&rep=rep1&typ

e=pdf.

Saguni, F., 2006, Prinsip-prinsip Kognitif Pembelajaran Multimedia : Peran Modality

Modality dan Contiguity Terhadap Peningkatan Hasil Belajar, (Online), Ihsan,

Vol.8 (3), http://journal.unair.ac.id/FilerPDF/01%20-%20prinsip-prinsi%20

kongnitif%20pembelajaran%20multimedia.

Umar, Husein., 2000. Metode Penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis, Cetakkan ketiga

PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0