PENERAPAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA PROSES PEMILIHAN SUPPLIER DI PERUSAHAAN GARMENT

Reni Amaranti, Agus Nana Supena, Otong Rukmana

Abstract


Pembelian bahan baku sangat berpengaruh untuk kualitas produk yang dihasilkan sehingga bagaimana memilih supplier dari alternatif yang tersedia merupakan tahapan penting dalam proses pengadaan bahan baku terutama untuk perusahaan dengan banyak variasi produk dan berhubungan dengan banyak supplier seperti yang dihadapi oleh perusahaan garment.
Pendekatan Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan pendekatan yang biasa digunakan sebagai alat untuk pengambilan keputusan dengan banyak alternatif pilihan. Tulisan ini membahas mengenai bagaimana membuat prosedur pemilihan supplier menggunakan pendekatan AH) untuk perusahaan garment dengan mengambil studi kasus pada perusahaan garmen skala menengah di Bandung. Pemetaan proses bisnis dengan IDEF0 merupakan langkah pertama yang dilakukan yang dilanjutkan dengan analisis terhadap proses yang berjalan di perusahaan untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan dari proses. Kemudian dibuat desain prosedur pemilihan supplier yang lebih terstruktur dan terukur dan dibuat rancangan alat yang dapat digunakan dalam proses pemilihan supplie. Alat tersebut merupakan aplikasi sederhana untuk menentukan peringkat supplier berdasarkan kriteria yang ditentukan dengan proses pengambilan keputusan dengan pendekatan AHP. Secara umum, prosedur yang dihasilkan akan bermanfaat bagi perusahaan sebagai panduan bagi orang-orang atau bagian yang terlibat dalam proses pengadaan barang atau pembelian bahan baku di departemen pembelian, terutama untuk pengambilan keputusan dalam pemilihan supplier.


Keywords


Analytical Hierarchy Process (AHP), Pemilihan supplier

Full Text:

PDF

References


Liang-Chuan Wu. (2009). Supplier Selection Under Uncertainty : A Switching Options Perspective. Industrial Management & Data Systems, Vol. 109 No 2, pp 191-205, Emerald Group Publishing Limited 0263-557. DOI 10.1108/02635570910930091

John N. Pearson and Lisa M. Ellram.(1999). Supplier Selection and Evaluation on Small Versus Large Electronic Firms. Journal of Small Business Management, 33, 4, Proquest Research Library.

L. Kaufmann, C.R. Carter, and C. Buhrmann. (2010). Debiasing the Supplier Selection Decision: A Taxonomy and Conceptualization. International Journal of Physical Distribution & Logistics Management, Vol. 40 No. 10, pp. 792-821, Emerald Group Publishing Limited 0960-0035. DOI 10.1108/09600031011093214.

Cheng-Yuan Ku, Ching-Ter Chang, and Hui-Ping Ho. (2010). Global Supplier Selection Using Fuzzy Analytic Hierarchy Process and Fuzzy Goal Programming. Qual Quant, 44, pp 623–640. DOI 10.1007/s11135-009-9223-104.

D. Asamoah, J. Annan, and S. Nyarko. (2012). AHP Approach for Supplier Evaluation and Selection in a Pharmaceutical Manufacturing Firm in Ghana. International Journal of Business and Management Vol. 7, No. 10, www.ccsenet.org/ijbm.

T. L. Saaty and J. M. Katz. (1990). How to Make A Decision: The Analytic Hierarchy Process. European Journal of Operational Research, 48, pp. 9-26.




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0