PENDAMPINGAN MANAJEMEN USAHA DI KELURAHAN CIPADUNG KIDUL KECAMATAN PANYILEUKAN KOTA BANDUNG

Eri Achiraeniwati, Nugraha Nugraha, Reni Amaranti

Abstract


Permasalahan utama yang terjadi pada masyarakat yang menjadi mitra kegiatan yang diusulkan adalah tidak termanfaatkannya semua potensi dan sumber daya yang ada, baik dari sisi pendidikan, keterampilan, waktu, maupun dana, untuk sebuah kegiatan produktif yang dapat memberikan kontribusi lebih besar dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga. Tujuan pengabdian memberikan pelatihan manajemen wirausaha bagi ibu-ibu PKK di lingkungan RT 01 Kelurahan Cipadung Kidul Kecamatan Panyileukan Kota Bandung dalam rangka meningkatkan keterampilan dan potensi warga serta terbentuknya kelompok usaha bersama. Metode yang digunakan analisis situasi, identifikasi solusi, penyusunan rencana dan jadwal kegiatan, petihan dan pembentukan kelompok usaha.

Keywords


kesejahteraan ekonomi, wirausaha, pelatihan

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, (2004), Kewirausahaan,Cetakan Enam, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.

Byars, Lloyd and Rue, Leslie W. (2008), Human Resource Management, Ninth Edition,McGraw-Hill irwin .

Huriyati, Ratih, (2010) Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Cetakan Ketiga, Penerbit CV. Alfabeta Bandung.

Kotler, Philips, and Fox, Karen F.A., (2009). Strategic Marketing Management, twelve edition, Prentice Hall,Inc Englewood Cliffs, New Jersey .

Sugiyono, (1999) Statistika Untuk Penelitian, Penerbit, CV Alfabeta, Bandung.

Tjiptono, Fandy., dan Chandra, Gregorious, (2005) Services, Quality dan Satisfaction, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, (2000). Manajemen Jasa, Penerbit, Andi Offset, Yogyakarta,

Tjiptono, Fandy, (2000). Prinsip-prinsip Total Quality Service, Penerbit, Andi Offset, Yogyakarta,

Umar, Husen (1997), Metode Penelitian Aplikasi dalam Pemasaran, Penerbit PT. Gramedia, jakarta

Weston, Fred J. And Brigham, Eugene F. (1985), Manajemen Keuangan, Cetakan ketujuh, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Winardi, J. (2005), Entrepreneur dan Entrepreneurship, cetakan kedua, Penerbit Pernada Media, Jakarta.

Zeithaml, Valarie A., Bitner, Mary Jo., and Gremler, Dwayne D,, (2008) Service Marketing : Integrated Customer Focus Across the Firm, McGraw – Hill Education (UK) Limited.




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0