IDENTIFIKASI KOMODITAS UNGGULAN PERIKANAN TANGKAP DI KAWASAN MINAPOLITAN KABUPATEN INDRAMAYU

Lely Syiddatul Akliyah, Yulia Asyiawati, Silvia Eka Putri

Abstract


Kabupaten Indramayu merupakan salahsatu wilayah di Provinsi Jawa Barat yang ditetapkan sebagai Kawasan Minapolitan. Wilayah ini merupakan wilayah yang paling menonjol dalam perolehan PAD yang didominasi dari sub sektor perikanan laut. Sekitar 43% produksi ikan laut Provinsi Jawa Barat berasal dari daerah ini. Dalam rangka menciptakan Kawasan Minapolitan yang mampu meningkatkan tingkat perekonomian masyarakatnya, maka perlu diketahui komoditas-komoditas unggulan apasaja yang dapat dikembangkan sehingga tingkat perekonomian masyarakat dan perkembangan wilayah di Kawasan Minapolitan dapat meningkat. Melalui observasi lapangan, wawancara, dan survei instansional maka didapatkan data-data penunjang yang dianalisis dengan metode analisis LQ dan Shift-share. Berdasarkan hasil kedua analisis tersebut didapatkan komoditas yang menjadi unggulan diantaranya: bawal putih, tembang, ikan lidah, peperek, talang-talang, tongkol, kerapu, cucut, dan pari. Selain itu, ada juga beberapa komoditas potensial yang dapat dikembangkan dengan strategi-strategi tertentu.

Keywords


Komoditas Unggulan, Perikanan Tangkap, Analisis LQ, Analisis Shift-share

Full Text:

PDF

References


Ambardi, U.M. dan Socia, P. 2002. Pengembangan Wilayah dan Otonomi Daerah. Jakarta: Pusat Pengkajian Kebijakan Pengembangan Wilayah..

______ 2010. Laporan Tahunan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Jasa. Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Jasa: Kabupaten Indramayu.

______ 2011. Laporan Tahunan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Jasa. Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Jasa: Kabupaten Indramayu.

______ 2012. Laporan Tahunan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Jasa. Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Jasa: Kabupaten Indramayu

Ghufron, Muhammad. 2008. Analisis Pembangunan Wilayah Berbasis sektor Unggulan Kabupaten Lamongan Propinsi Jawa Timur. [Skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Mawardi, I. 1997. Daya Saing Indonesia Timur Indonesia dan Pengembangan Ekonomi Terpadu. Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi & Sosial.

Sjafrizal. 2008. Ekonomi Regional, Teori dan Aplikasi, Cetakan Pertama. Padang: Baduose Media.

Tumenggung, S. 1996. Gagasan dan Kebijaksanaan Pembangunan Ekonomi Terpadu (Kawasan Timur Indonesia). Direktorat Bina Tata Perkotaan dan Pedesaan Dirjen Cipta Karya Departemen PU. Jakarta




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0