PEMANFAATAN LAHAN TIDUR DENGAN PENANAMAN SEREHWANGI DI DESA CIMUNGKAL KECAMATAN WADO UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Dewi Shofi Mulyati, Aviasti Aviasti, Aswardi Nasution, Asep Nana Rukmana, Ade Dwi Saputra, Hally Nur Aflah, Claudia Dwiriena Ardianto

Abstract


Permasalahan utama di masyarakat yang menjadi mitra kegiatan pengabdian adalah tidak termanfaatkanya potensi dan sumber daya lokal dari sisi keterampilan wirausaha, maupun dana untuk membangun kegiatan produktif yang dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga. Selama ini orientasi kegiatan produktif jarang dilakukan oleh warga, terkadang justru terjadi perselisihan dalam hubungan bertetangga atas pemanfaatan lahan tak produktif di wilayah sekitar. Kegiatan PKM yang diusulkan adalah pemanfaatan lahan kurang produktif melalui pengembangan wirausaha bagi masyarakat lokal sebagai mitra untuk meningkatkan nilai tambah perekonomian keluarga. Adapun luaran kegiatan pengabdian ini adalah pemanfaatan lahan tidak produktif melalui wirausaha serehwangi di Desa Cimungkal, meningkatkan keterampilan wirausaha masyarakat dalam pemberdayaan lahan, adanya buku saku untuk petani, dan artikel ilmiah untuk diseminarkan. Hasil yang telah dicapai dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini diantaranya mempersiapkan bibit, pengolahan tanah, persemaian, penanaman, pemeliharaan, pengendalian hama dan pengendalian penyakit.

Keywords


Pemanfaatan lahan, meningkatkan pendapatan.

Full Text:

PDF

References


Agus Hasanuddin R, dkk, (2010), Standard Prosedur Operasional (SOP) Budidaya Tanaman Seraiwangi, Direktorat Budidaya Tanaman Semusim Direktorat Jenderal Perkebunan Kerjasama Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik.

Dzikron, M. dan Aswardi Nasution, (2012), Perbaikan proses produksi dan penerapan teknologi tepat guna bagi Pengrajin Emping Singkong di desa Cijambe, Kab. Sumedang, Laporan Akhir IbM, Hibah Desentralisasi Dikti, Kemendiknas.

Dzikron, M., (2013), Pengantar manajemen wirausaha, pedoman untuk mahasiswa dan calon pengusaha, draft buku ajar LPPM Unisba- PS TI Unisba.

Marlon (2012), Aplikasi perlakuan bahan baku dan metode penyulingan air – uap terhadap rendemen dan sifat organoleptik minyak atsiri.

Yuni Eko Feriyanto, dkk (2013) dalam penelitian pengambilan minyak atsiri dari daun dan batang sereh wangi menggunakan metode destilasi uap dan air dengan pemanasan microwave.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0