ANALISIS STRUKTUR KEKAR ZONA MINERALISASI EMAS MIOSEN AKHIR

Dudi Nasrudin Usman, Nana Sulaksana, Febri Hirnawan, Iyan Haryanto, Nurdin Saeful Bahri

Abstract


Tektonik Jawa – Sumatera banyak mengalami perkembangan melalui publikasi-publikasi ilmiah terbaru khususnya, orientasi Pulau Jawa mempunyai kemiripan dengan Pulau Sumatera. Kedua pulau tersebut terpisah sejak Mio-Pliosen. Pulau Jawa mengalami perubahan arah secara anti-clockwisely sedangkan Pulau Sumatera terputarkan secara clockwisely yang berdampak terhadap semakin melebarnya Selat Sunda kea rah selatan mirip triangle zone. Pada wilayah penelitian struktur geologi sangat erat kaitannya dalam proses mineralisasi khususnya tipe endapan hidrothermal, karena struktur geologi merupakan tempat terisinya atau terjebaknya larutan hidrothermal, dimana zona itulah yang kaya akan mineralisasi dan zona ubahan (alterasi), salah satunya jenis emas tipe emas epithermal sulfidasi rendah. Kerlurusan menunjukan indikasi adanya suatu struktur dan arah dari gaya geologi, dengan kata lain kelurusan merupakan suatu gaya geologi yang belum mengalami pergerakan yang menjadi ciri dari lokasi dimana terjadinya suatu rekahan. Lineament points density didapatkan nilai densitas kerapan tertinggi adalah 21/Km2 dan nilai terendah adalah 4/Km2 yang digambarkan dengan peta kerapatan kelurusan, hasil roset dan arah umum dari ketiga variabel diatas terlihat bahwa arah dari pemineralan, struktur dan kelurusan memiliki arah yang sama yaitu arah NW - SE.


Keywords


Mineralisasi, Kelurusan, Emas, dan Sulfida Rendah

Full Text:

PDF

References


Sudana dan Santosa, 1992, Peta Geologi Lembar Cikarang, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Bandung.

Bemmelen, van, R.W., 1949, The Geology of Indonesia, Martinus Nyhoff, The Haque, Nederland.

Budi Mulyana, 2006, Extension Tektonik Selat Sunda, Bulletin of Scientific Contribution, Volume 4, Nomor 2, Agustus 2006 : 137-145.

Handayani, Lina, Harjono, Hery. (2008). Perkembangan Tektonik Daerah Busur Muka Selat Sunda dan Hubungannya dengan Zona Sesar Sumatera (Vol. 18 No. 2). Bandung:Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI.

Nurdin Saeful Bahri, 2017, APLIKASI METODE PENGINDERAAN JAUH (REMOTE SENSING) UNTUK EKSPLORASI ENDAPAN EMAS DI WILAYAH KECAMATAN CIMANGGU KABUPATEN PANDEGLANG PROVINSI BANTEN, Prosiding Teknik Pertambangan, Volume 3, No.2, Tahun 2017, ISSN: 2460-6499


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0