TRAS SEBAGA MODAL DASAR PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL MASYARAKAT

Sri Widayati, Dudi Nasrudin Usman, Sriyanti Sriyanti, Linda Pulungan, Dono Guntoro

Abstract


Endapan Tras merupakan bahan galian yang cukup banyak mengandung silika amorf yang dapat larut di air/larutan asam. Tras terbentuk akibat aktivitas vulkanik. Tras termasuk salah satu bahan galian yang digunakan untuk bahan pembuat semen alam (hydraulic cement). Pemanfaatan bahan galian ini digunakan untuk bangunan sebagai semen alam, juga dapat dijadikan bahan untuk pembuatan bata. Tras merupakan bahan galian yang mudah sekali kontak dengan air, yang kemudian menjadi keras. Dalam kegiatan ini gambaran umum mengenai karakteristik endapan tras didapatkan sebagai berikut dimana mineral dominan yang hadir dalam tras tersebut yaitu Ilmenit dan Magnetit. Unsur kimia yang terkandung dalam endapan tras Nagreg yaitu SiO2 49,15%, Al2O3 29,56, Fe2O3 4.52%, TiO2 0.45%, CaO 1.12%, MgO 0.94%, Na2O 0.12% dan K2O 0.20%. Spesific Gravity 2,6. Selain itu aspek keberadaan endapan juga dapat tergambarkan dengan jelas, dimana sebaran endapan tras masih terhampar dengan potensi cukup banyak. Hal ini akan sangat penting untuk proses pemanfaatan, jumlah bahan galian akan memberikan pengaruh terhadap rencana pemanfaatannya, terlebih yang akan memanfaatkan yaitu masyarakat dengan tujuan untuk peningkatan nilai ekonomi dan perputaran ekonomi lokal. Kondisi saat ini proses pemanfaatan endapan tersebut belum begitu maksimal dikarenakan banyak kendala yang dihadapi khususnya masyarakat yang mempunyai nilai ekonomi terbatas. Untuk pengembangan yang sangat luas saat ini masyarakat sangat mengharapkan agar potensi endapan tras yang ada di wilayah mereka bisa segera dieksploitasi dan dimanfaatkan dengan memberdayakan potensi masyarakat lokal, termasuk pengelolaan didalam mengeksploitasnya hingga ke proses pengolahannya.


Keywords


Model Endapan, Ekonomi Lokal, dan Tras

Full Text:

PDF

References


Anonim (a), 2012, Kabupaten Bandung Dalam Angka 2012, Bappeda Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Jawa Barat

Dwi Haryanto, Ari., Satyarno., dan Widiasmoro, 2009, Pemanfaatan Tras dari Samigaluh Kulon Progo sebagai Bahan Pozolan untuk Campuran Mortar, Yogyakarta.

Darwono, 2009, Aplikasi Teknologi Bahan Bangunan Berbahan Pasir sebagai Salah Satu Wujud Model Pendidikan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Dessi Rosliani, 2010, Kajian Perilaku Stabilitas Tanah Menggunakan Semen dan Beberapa Bahan Kimia, Sekolah Pascasarjana, Institut Teknologi Bandung.

Purnomo, Hadi., Pembuatan Batako dengan Bahan Baku Tras dari Nagreg, Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral

Sudjarwono, Drs., 2000, Prospek Pengembangan Usaha Tambang Bahan Galian Tras dan Manfaatnya Terhadap Perekonomian Daerah di Kabupaten Purwakarta, Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0