APLIKASI SIMULASI SOAL TES KEMAMPUAN DASAR AKADEMIK DAN TES KEMAHIRAN BERBAHASA INGGRIS

Nia Oktaviani, Siti Sa’uda

Abstract


Perkembangan teknologi mengalami peningkatan sangat pesat yang menuju pada pemanfaatan layanan data. Teknologi internet merupakan satu titik yang menjadi arah perkembangan tersebut. Pengguna internet di Indonesia yang semakin bertambah membuat pembangunan sebuah sistem informasi yang berbasiskan internet pun akan mendapat tempat yang luas di masyarakat sebagai pengguna. Disamping itu kini semua akses internet sangat mudah dilakukan, bahkan dari perangkat telepon pintar sekalipun semua kegiatan bisa dilakukan. Didalam semua instansi pemerintahan saat ini pemanfaatan teknologi internet sudah sangat lazim. Bahkan banyak kegiatan yang telah dilakukan dengan memanfaatkan media internet, mulai dari berkirim pesan, menyelesaikan pekerjaan,  bahkan  dimulai pada saat perekrutan pegawai yang sudah diawali dengan melakukan pendaftaran online diikuti dengan tes online.  Begitu juga pada sistem penataan pendidik dan dan tenaga kependidikan perguruan tinggi, setiap pengajuan NIDN bagi dosen tetap Non-PNS pada perguruan tinggi negeri dan dosen tetap pada perguruan tinggi swasta dan Sertifikasi Dosen (Serdos) diwajibkan untuk melakukan tes TKDA dan TOEP yang dilakukan secara online. Kegagalan sering terjadi diakibatkan karena kurangnya latihan  dari  para  peserta test.  Penelitian ini menghasilkan Aplikasi Simulasi Soal Tes Kemampuan  Dasar Akademik dan Tes Kemahiran Berbahasa Inggris menggunakan metode Mobile- D yang diharapkan dapat membantu peserta untuk mempersiapkan tes.


Keywords


TKDA, TOEP, Mobile-D

Full Text:

PDF

References


C, Quiin. M-Learning: Mobile , Wireless, In Your-Pocket Learning. http://linezine.com , diakses April 2016.

Keegan, Desmond.(2005). The Incorporation of Mobile Learning into Mainstream Education and Training.

Rosa A. SS, M. Shalahudin.(2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung. Bandung.

Safaat, Nazruddin. (2012), Android Pemrogaman Aplikasi Mobile SmartPhone Dan Tablet PC Berbasis Android edisi Revisi. Informatika Bandung, Bandung.

Spataru, A. (2010). Agile Development Methods for Mobile Applications. Edinburgh : University of Edinburgh.

Suryabrata, Sumadi, (2004). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

VTT Electronics. (2006). Methodology For Agile Software Development. http://agile.vtt.fi/mobiled.html , diakses April 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0