PELATIHAN SISTEM INFORMASI KEPENDUDUKAN DAN DASAWISMA BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER PADA TINGKAT RT

Bayu Hananto, Catur Nugrahaeni Puspita Dewi, Ridwan Raafiudin

Abstract


Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saat ini berperan penting pada semua sektor. Dengan adanya Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ini banyak sekali yang terbantu. Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saat ini berkembang dengan sangat pesat, sehingga manusia diharuskan untuk menggunakan Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ini untuk aktivitasnya.Dengan adanya Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ini maka hadirlah suatu aplikasi yang dapat memudahkan para user untuk memasukkan data dan mencetak laporan yang dibutuhkan. Sistem informasi kependudukan ini diharapkan nantinya akan mampu untuk mewujudkan tertib administrasi. Untuk diketahui saat ini masih banyak pengurus pada tingkat Rukun Tetangga (RT) yang belum bisa mendata penduduknya dengan baik. Sehingga mereka tidak mengetahui secara detail jumlah penduduk, jumlah keluarga, atau data lainnya yang berkaitan dengan kependudukan. Materi yang diberikan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah pengenalan suatu aplikasi pendataan penduduk. Tujuan capaian yang diharapkan adalah mereka memiliki suatu aplikasi kependudukan yang nantinya akan memudahkan mereka untuk membuat laporan baik itu laporan rekapitulasi penduduk atau yang lainnya.

Keywords


Sistem Informasi Kependudukan, Framework, Codeigniter

Full Text:

PDF

References


Kadir, Abdul. 2014. Pengenalan Sistem Informasi. Edisi Revisi. Andi Offset. Yogyakarta.

Raharjo, Budi. Imam Heryanto, Enjang RK. 2012. Modul Pemrograman Web HTML, PHP & MySQL. Bandung: Modula.

Prahasta, Eddy. 2012. Tutorial PostGreSQL, PostGIS, dan pgRouting. Bandung: Informatika.

Heryanto, Imam. Totok Triwibowo. 2013. Manajemen Proyek Berbasis Teknologi Informasi. Bandung : Informatika.

Widiastiwi, Yuni. Ati Zaidiah, Bayu Hananto. 2016. Peningkatan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komnikasi bagi Anak Yatim dan Dhuafa untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif. Jakarta : LPPM UPNVJ.

Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. 2016. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi EDISI X TAHUN 2016. Jakarta : KEMENRISTEK DIKTI.

Dwi Priyanti, Siska Iriani. 2013. Sistem Informasi Data Penduduk Pada Desa Bogoharjo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. IJNS – Indonesian Journal on Networking and Security. Vol 2 No 4 – Oktober 2013, ijns.org, ISSN: 2302-5700.

Pipit Nurdiana, Indah Uly Wardati. 2013. Sistem Pengolahan Data Penduduk Pada Desa Mentoro. Speed Journal - Indonesian Jurnal on Computer Science - Vol 10 No 3 – Agustus 2013. ISSN 1979 – 9330. ijns.org.

Danang Juniarta, Qorinta Shinta, Fitro Nurhakim. 2013. Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Monografi Berbasis Web (Studi Kasus Pada Kantor Kecamatan Semarang Utara).

Alex Fahrudin, Bambang Eka Purnama. 2012. Pembangunan Sistem Informasi Layanan Haji Berbasis Web Pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Ar Rohman Mabrur Kudus. Jurnal Speed 13 Vol 9 No 2 – Agustus 2012. ISSN 1979 – 9330.

Muhammad Agus Suripto, Ramadian Agus Triyono. 2014. Pembangunan Sistem Informasi Akta Kelahiran Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Sragen, IJNS – Indonesian Journal on Networking and Security, Vol 3 No 3 – Juli 2014, ijns.org, ISSN: 2302- 5700, ijns.apmmi.org.

Nurrizky Bagus Setiawan, Indah Uly Wardati. 2014. Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Kelahiran Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pacitan, IJNS –Indonesian Journal on Networking and Security, Vol 3 No 2 – April

, ijns.org, ISSN: 2302-5700, ijns.apmmi.org.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0