IMPLEMENTASI METODE DIJKSTRA PADA APLIKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MENENTUKAN LOKASI HOTEL TERDEKAT DARI LOKASI PELAKSANAAN ASIAN GAMES 2018 DI PALEMBANG

Devi Udariansyah, Hadi Syaputra

Abstract


Kota Palembang memiliki sejumlah 124 Hotel dan Losmen yang tersebar di seluruh Kota Palembang. Pada tahun 2018 akan diadakan Asian Games di Kota Palembang dan Jakarta. Pelaksanaan Asian Games ini otomatis akan banyak sekali orang yang datang ke kota Palembang baik sebagai kontingen yang akan bertanding ataupun masyarakat dari luar kota Palembang yang akan datang dan menonton acara pergelaran Asian Games tersebut. Kontingen yang bertanding dan masyarakat yang berasal dari luar kota Palembang pastilah mereka butuh penginapan yang jaraknya paling dekat dengan lokasi pergelaran acara. Atas dasar permasalahan tersebut, penulis membuat suatu aplikasi pencarian jalur terpendek untuk menentukan lokasi hotel berbasis android yang diharapkan dapat memberikan jalur terpendek dengan location based service berdasarkan posisi lokasi pergelaran acara. Untuk mencari jalur terpendek untuk menentukan lokasi hotel, maka bisa diselesaikan menggunakan algoritma dijkstra. Algoritma dijkstra menggunakan prinsip Greedy, yaitu mencari jalur terpendek dari satu titik ke titik lainnya yang terhubung. Masukan aplikasi ini berupa posisi pergelaran acara dan lokasi hotel, sedangkan hasil keluaran aplikasi berupa jalur terpendek dari posisi pergelaran acara dan lokasi hotel. Aplikasi ini memiliki peta yang menampilkan lokasi hotel yang tersebar di seluruh Kota Palembang.

Keywords


Location based service, Algoritma Djikstra , Waterfall

Full Text:

PDF

References


Nazruddin Safaat H. 2012 (Edisi Revisi). Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika. Bandung.

Pressman, Roger, S, 1997, Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi (Edisi Satu), Penerbit : Andi, Yogyakarta.




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0