MODUL PENANGANAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS GANGGUAN ATENSI BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Milda Yanuvianti, Endang Supraptiningsih, Susandari Susandari, Stephani Raihana Hamdan

Abstract


Kebutuhan guru akan pemahaman dan keterampilan menangani siswa berkebutuhan khusus (SBK) sangat diperlukan. Hal ini dilatarbelakangi sekolah dasar diwajibkan untuk menerima siswa dengan kondisi apapun sehingga sekolah regular kini dituntut untuk menjadi sekolah bersistem inklusi meski tanpa adanya kesiapan dari pihak sekolah khususnya guru untuk menangani pengajaran pada SBK. PKM Rosiana, dkk (2014) yang mengadakan penanganan untuk meningkatkan pengetahuan terkait siswa berkebutuhan khusus mengevaluasi kurang spesifiknya penanganan proses belajar mengajar terkait dengan gangguan yang terbanyak dihadapi, dalam hal ini gangguan atensi. Dari pantauan tim peneliti pada kondisi SBK yang ada di sekolah-sekolah termasuk SD Griba 32 Bandung saat ini, siswa dengan gangguan atensi merupakan jumlah SBK terbanyak dengan rata-rata 3 orang di setiap jenjang kelas. Oleh karena itu diperlukan program yang spesifik meningkatkan pemahaman guru dalam penanganan proses belajar mengajar terkait dengan gangguan yang terbanyak dihadapi, dalam hal ini gangguan atensi. Program PKM difokuskan untuk menyusun panduan/modul penanganan siswa dengan gangguan atensi dan diterapkan langsung dengan metode penyuluhan guna meningkatkan pengetahuan, kemampuan dalam menyusun strategi pengajaran, manajemen kelas dan manajemen tingkah laku siswa dengan gangguan atensi. Hal ini diharapkan mampu membantu langsung guru untuk menangani siswa dengan gangguan atensinya di kelas.

Keywords


Modul, siswa kebutuhan khusus, gangguan atensi, guru, SD

Full Text:

PDF

References


Mash, E. J., & David, A. W. (2010). Abnormal child psychology (4th ed.). Australia: Wardworth Cengage Learning.

Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Kesehatan

Nelson, R. W., & Allen, C. I. (2009). Abnormal child and adolescent psychology (7th ed.). London: Pearson Education International.

Silver, Larry B. (1999). Attention Deficit/ Hyperactivity Disorder. American Psychiatric Press.

Flick, Grad L. (1998). ADD/ ADHD Behavior-Change Resource Kit. The center for applied research in education.

Polloway, Edward A, Patton, James R., Serna, Loretta. (2001). Strategies for Teaching Learners with Special Needs 7th Edition. Ohio : Merrill Prentice Hall.

Daley, D., van der Oord, S., Ferrin, M., Danckaerts, M., Doepfner, M., Cortese, S., Sonuga-Barke, EJS. 2014. Behavioral Interventions in Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder : A Meta-Analysis


Refbacks

  • There are currently no refbacks.