OPTIMALISASI KOMPETENSI RELASI PADA MAHASISWA DENGANSELF-ESTEEM YANG RENDAH DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNISBA

Fanni Putri D, Ali Mubarak, Oki Mardiawan, Dinda Dwarawati

Abstract


Terpotret suatu fenomena yang menggejala pada mahasiswa psikologi Unisba, dimana banyak dari mereka menunjukkan perilaku kurang percaya diri, kurang keberanian mengungkapkan pendapat, pasif dan memilih menjadi pengikut dibanding berinisiatif untuk tampil. Hasil survey awal pada 195 mahasiswa, menggunakan Mooney Problem Checklist menunjukkan bahwa mereka memiliki problem relasi personal secara psikologis, yang didasarkan oleh rendahnya self-esteem. Suatu strategi perlakuan diperlukan untuk membantu mereka meningkatkan self-esteem, karena dengan self-esteem yang rendah mereka berpeluang mengalami kegagalan dalam performa akademis maupun performa di dunia kerja. Training Self-esteem diberikan pada 12 orang mahasiswa untuk membantu mereka meningkatkan self-esteem, dengan harapan akan mengubah sikap mereka menjadi lebih percaya diri dan terampil dalam relasi social. Aktivitas dalam training mencakup Brainstroming, Diskusi, Games dan Focus Group Discussion (FGD) yang diakhiri dengan evaluasi berupa konseling yang bersifat individual dan mendalam. Hasil menunjukkan pemberian training memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan self-esteem pada mahasiswa Fakultas Psikologi Unisba pada aspek power, significant dan virtue.Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada aspek competencedan terdapat peningkatan signifikan pada area general self, school academic, dan social self – peers. Selain itu tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada area home-parents.


Keywords


Self-esteem, training self-esteem, mahasiswa psikologi

Full Text:

PDF

References


Atwater E. Psychological Of Adjustment. 2nd ed. New Jersey: Prentice Hall, Inc; 1983

Baumeister RF, Campbell J D, Krueger JI, Vohs KD. Interpersonal Succes, Happiness, or Healtier Life Style?. Psychological Science in the public Interest; Vol. 4 (1): 1-44.

Duffy KG, Atwater E. Psychology for living : Adjustment, Growth, and Behavior Today. 7th ed. New Jersey: Pearson Education, Inc; 2002

Guindon, M. H. Self-esteem Across the Life Span. Issues and Interventions. USA: Taylor and Franas Group, LLC; 2010

Hutahaean BS. Pelatihan untuk Peningkatan Self-esteem pada Mahasiswa yang Mengalami Distress Psikologis, Thesis. Fakultas Psikologi: Universitas Indonesia; 2012.

Mooney RL. Gordon LV. Mooney Problem Checklist. United States of America: Harcout Brace Jovanovich, Inc; 1978

Mruck CJ. Self-esteem Research, Theory and Practice Toward A Positive Psychology of Self-esteem, 3rd Ed. New York: Springer Publishing Company; 2006

Noe HG, Wright. Human Resource Management, International Edition, New York: The Mac Graw-Hill Companies, inc; 2003

Rosenberg M, Schooler C, Schoenbach, Rosenberg F. Global Self-esteem and Specific Self-esteem : Different Concepts, Different Outcomes. American Sosiological

Review. 1995; Vol. 60 (I): 141

Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Kesehatan

Robinson JP, Shaver PR, Wrightman LS. Measures of Personality & Social Psychological Attitudes. 1991; Volume 1, California; Academic Press, Inc.

Santrock JW. Adolesence. 11th ed. New York: McGraw-Hill. 2007