GAMBARAN FLOW, STUDENT ENGAGEMENT, SERTA AFEK POSITIF DAN NEGATIF

Dewi Rosiana, Rizka Hadian, Miki Amrilya

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mengetahui gambaran flow, student engagement, serta afek positif dan negatif mahasiswa pada kegiatan di pesantren mahasiswa baru angkatan 2015. Variabel Penelitian yaitu pengalaman flow, keterlibatan/engagement, dan afek positif dan negatif. Subjek penelitian adalah seluruh peserta pesantren mahasiswa Unisba baru gelombang 3, sebanyak 219 orang. Pengukuran dilakukan menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil perhitungan statistic deskriptif, tingkat flow peserta pasantren mahasiswa Unisba berada pada kategori sedang. Hasil pengukuran Positif dan Negatif Afek yang dilakukan tingkat positif afek yang dapat menggambarkan kondisi senang berada pada kategori sedang, negatif afek yang dirasakan subjek berada pada kategori rendah. Mahasiswa pesantren merasakan keterlibatan/engagement dengan kegiatan yang sedang dijalaninya dalam pesantren mahasiwa baru Unisba, dengan tingkat engagement subjek pada kategori tinggi.

Keywords


pengalaman flow, engagement, dan afek positif dan negatif.

Full Text:

PDF

References


Boggiano, A. K., Main, D. S., & Katz, P. A. (1988). Children’s preference for challenge: The role of

perceived competence and control. Journal of Personality & Social Psychology, 54,134–141.

Christenson, S. L., Sinclair, M. F., Lahr, C. A., & Godber, Y. (2001). Promoting successful school

completion: Critical conceptual and methodological guidelines. School Psychology Quarterly,16(4),

–484.

Csikszentmihalyi, M. (1990). Flow: The psychology of optimal experience. New York: Harper-Perennial.

Csikszentmihalyi, M. (1996). Creativity: Flow and the psychology of discovery and invention. New York:

HarperCollins.

Csikszentmihalyi, M. (1997). Finding flow: The psychology of engagement with everyday life. The

masterminds series. New York: Basic Books.

Csikszentmihalyi, M., Rathunde, K., & Whalen, S. (1993). Talented teenagers: The roots of success and

failure. New York: Cambridge University Press.

DeCharms, R. (1968). Personal causation: The internal effective determinants of behavior. New York:

Academic Press.

Deci, E. L., Nezlek, J., & Sheinman, L. (1981). Characteristics of the rewarder and intrinsic motivation of

the rewardee. Journal of Personality & Social Psychology, 40, 1–10.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1987). The support of autonomy and the control of behavior. Journal of

Personality & Social Psychology, 53, 1024–1037.