DESKRIPSI TENTANG KOMPETENSI CONTEN GURU DIDALAM PROSES PEMBELAJARAN INKLUSI PADA GURU SD NEGERI DI KOTA BANDUNG

Temi Damayanti, Stephani Raihana Hamdan, Andhita Nurul Khasanah

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena ditemukannya berbagai permasaahn terkait siswa berkebutuhan khusus yang mengikuti sistem pembelajaran reguler di sekolah dasar negeri. Kondisi ini menuntut sekolah dasar kini menyelenggarakan pembelajaran inklusi yang menyatukan proses belajar mengajar antara siswa reguler dengan siswa berkebutuhan khusus. Oleh karena itu guru di sekolah dituntut memiliki kompetensi dalam mengajar siswa berkebutuhan khusus. Tujuan penelitian secara umum untuk mendapat gambaran empirik mengenai kompetensi guru dalam proses mengajar siswa berkebutuhan khusus. Kompetensi guru dibatasi dengan konsep kompetensi profesional guru yang diadaptasi dari konsep dari Mulyasa (2013) dan Garnida (2015) mengenai kompetensi guru profesional dalam pendidikan inklusif. Yang dimaksud dengan kompetensi guru adalah kemampuan mengelola pembelajaran siswa berkebutuhan khusus yang terdiri atas aspek pengetahuan, pemahaman, kemampuan, nilai, sikap, dan minat, sebagai seperangkat tindakan yang cerdas, penuh tanggung jawab, yang dimiliki guru sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas guru. Subjek penelitian adalah guru wali kelas dari kelas 1 hingga kelas 6 yang menangani siswa berkebutuhan khusus dari perwakilan 9 wilayah rayon yang menjadi representasi kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan menggunakan alat ukur angket dan wawancara mengenai kompetensi guru dalam proses mengajar siswa berkebutuhan khusus. Hasil penelitian kompetensi domain content mayoritas menunjukkan komptensi yang rendah

Keywords


Kompetensi, Conten, Guru, Inklusi, Siswa Kebutuhan Khusus

Full Text:

PDF

References


Damayanti T, Hamdan, S.R, Khasanah AD. 2016, Kompetensi Guru Di Dalam Proses Pembelajaran

Siswa Berkebutuhan Khusus SD Negeri Di Kota Bandung. Laporan Penelitian Dosen Muda, LPPM

Unisba.

Garnida, Dadang. 2015. Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung : Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Hamdan, Stephani R. H. 2011. Identifikasi kesulitan belajar pada siswa SDN Griya Bumi Antapani 32.

Laporan penelitian. Tidak diterbitkan.

Kemendiknas. 2012. Kebijakan Peningkatan Layanan Melalui Pendidikan Inklusif. Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.

Kunandar. 2007. Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan

sukses dalam sertifikasi guru. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Lemlech. Johanna Kasin. 1979. Classroom Management. New York : Harper & Row Publishers, Inc

Mash, E. J., & David, A. W. (2010). Abnormal child psychology (4th ed.). Australia: Wardworth

Cengage Learning.

McMillan, John. 2006. Research in Education : Evidence-Based Inquiry. Boston : Pearson Education, Inc.

Mulyasa, E. 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Ormrod, Jeanne Ellis. 2000. Educational psychology: developing learners. Upper Saddle River, N.J.:

Merrill.

Polloway, Edward A, Patton, James R., Serna, Loretta. 2001. Strategies for Teaching Learners with

Special Needs 7th Edition. Ohio : Merrill Prentice Hall.

Rosiana, D., Hamdan, S.R., Rozana, A. Dwarawati, D. 2014. Program Pelatihan dan Pendampingan

Peningkatan Kemampuan Siswa Berkebutuhan Khusus Bagi Guru SDN di Bandung. Laporan

Pengabdian Kepada Masyarakat. Bandung : LPPM Unisba.

Silalahi, Uber. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung : Refika Aditama

Soetjipto. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta : Rineka Cipta

Triwardhani, I.J., Gartanti, W. T., Djamhoer, T.D. 2013. Metode Pendampingan Komunikasi ABK di

Sekolah Inklusif. Laporan Penelitian. Bandung : LPPM Unisba

Witte, Raymond H. 2012. Classroom Assessment For Teachers. United States : Mc Graw Hill.

Yanuvianti, M., Supraptiningsih, E., Susandari, Hamdan, S.R. 2015. Program Penanganan Siswa

Berkebutuhan Khusus dengan Gangguan Atensi. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat. Bandung

: LPPM Unisba.

Sumber online :

Nazarudin. 2015. Uji Kompetensi Guru. Diakses pada (http://gtk.kemdikbud.go.id/post/uji-kompetensiguru).

Nurmatari, Aviatia. 2015. Ridwan Kamil Wajibkan Sekolah di Bandung Terima Siswa Berkebutuhan

Khusus. Diakses pada (http://news.detik.com/berita-jawa-barat/3053463/ridwan-kamil-wajibkansekolah-

di-bandung-terima-siswa-berkebutuhan-khusus)

Tanpa nama. 2015. Pembagian Wilayah Sekolah Dasar Kota Bandung 2015. Diakses pada

(https://ppdbkotabandung.wordpress.com/arsip-ppdb/ppdb-2015/pembagian-wilayah/sd/)

Tanpa nama. 2015. Mengkaji Sepuluh Tahun Bantuan Operasional Sekolah. Diakses pada

(http://www.worldbank.org/in/news/feature/2015/06/15/reviewing-ten-years-of-indonesia-schoolgrants-

program)