STUDI KORELATIONAL ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM PEMENUHAN MATA KULIAH PRAKTIKUM (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNISBA)

Yuli Aslamawati, Miftah Miftah

Abstract


Lebih dari 10% mahasiswa peserta mata kuliah praktikum di Fakultas Psikologi Unisba tidak lulus, dan harus mengulang. Keluhan dosen pembimbing praktikum bahwa sekitar 50% laporan praktikum acapkali pengumpulannya di akhir tenggat waktu, malah beberapa orang mahasiswa mengalami keterlambatan dengan konsekuensi pengurangan nilai. Telusuran yang melatarbelakangi keadaan tersebut adalah perilaku menunda-nunda pemenuhan tugas praktikum atau prokrastinasi, yang berhubungan dengan keyakinan mahasiswa akan ketidak-mampuannya memenuhi tugas mata kuliah praktikum atau self-efficacy yang rendah. Melalui alat ukur yang valid dan reliabel yang dibuat oleh peneliti mengacu pada konsep dan teori self-efficacy dari Bandura, dan teori Prokrastinasi dari Ferrari, didapatkan korelasi Rank Spearman dari kedua variabel di atas (rs= -0,359). Artinya, terdapat keterkaitan antara self-efficacy dengan prokrastinasi dalam pemenuhan tugas mata kuliah praktikum, namun demikian dengan tingkat keeratan yang tidak begitu tinggi. Keadaan ini dapat dijelaskan karena satu dari tiga dimensi variabel self-efficacy, yaitu dimensi generality tidak berhubungan dengan prokrastinasi dalam pemenuhan tugas mata kuliah praktikum. Artinya, perilaku menunda-nunda pemenuhan tugas mata kuliah praktikum tidak berhubungan dengan keluasan dan variasi tugas, namun lebih berhubungan dengan keyakinannya akan ketidakmampuan menyelesaikan tugas dengan tingkat kesulitan yang tinggi dan keyakinan akan kemampuan yang rendah dalam meningkatkan usaha dan kegigihan.

Keywords


Self-efficacy, prokrastinasi, praktikum

Full Text:

PDF

References


A.Olubusayo A. Academic Proscrastination in Mathematics: Causes, Dangers and Implications of Counselling for Effective Learning. International Education Studies. Nigeria. 2010; Vo.3 (3)Nigeria.

Arikunto Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Rineka Cipta; 2006.

Bandura Albert. Self-efficacy: The exercise of control. New York: Freeman; 1997

Burka JB, Yuen LM. Procrastination: “Why do it and what to do about it. Perseus Books. New York; 2008.

Ferrari JR, Johnson JL, McCown WG. Procrastination and Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press; 1995

Noor Hasanuddin. Psikometri Aplikasi dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku, Bandung: Penerbit Fakultas Psikologi Unisba; 2009

Ormrod JE. Educational psychology: Developing learners (5th ed.). Upper Saddle River NJ: Pearson/Merrill Prentice Hall; 2006.

Yong FL. A Study on the Assertiveness and Academic Procrastination of English and Communication Students at a Private University. American Journal of Scientific Research. 2010; 62-72. Leturer Swinburne University of Technology: Sarawak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.