EVALUASI SISTEM NILAI MAHASISWA PERANTAU MENGGUNAKAN EXPLORATORY FACTOR ANALYSIS

Ihsana Sabriani Borualogo

Abstract


Nilai merupakan suatu keyakinan yang terkait dengan afek, mengacu pada tujuan yang diinginkan dan memotivasi aksi, dipandang sebagai standar dan kriteria yang disusun berdasarkan tingkat keutamaanya. Ketika individu berpikir mengenai nilai, individu berpikir mengenai hal-hal penting dalam hidupnya. Setiap individu memiliki seperangkat nilai yang bervariasi dalam tingkat kepentingannya. Suatu nilai dapat jadi dianggap penting oleh seorang individu, tetapi tidak dianggap penting oleh individu yang lain. Aktivitas merantau tentunya didasari oleh nilai tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem nilai mahasiswa perantau dari kelompok etnik Batak, Minang, dan Sunda dengan menggunakan exploratory factor analysis. Sampel berjumlah 712 orang berusia antara 20-23 tahun, mahasiswa perantau di Bandung. Sistem nilai individu diukur menggunakan PVQ-40. Hasil menunjukkan bahwa sistem nilai mahasiswa perantau terdiri atas dua faktor, yaitu kelompok nilai yang didefinisikan sebagai nilai-nilai kehidupan sosial; serta kelompok nilai yang didefinisikan sebagai nilai-nilai pemenuhan kebutuhan personal. Yang termasuk dalam kelompok nilai-nilai kehidupan sosial adalah universalism, conformy, tradition, benevolence dan security. Yang termasuk dalam kelompok nilai-nilai pemenuhan kebutuhan personal adalah Power, Achievement, Hedonism, Stimulation, dan self-direction.

Keywords


exploratory factor analysis, sistem nilai, merantau, psikologi lintas budaya, PVQ-40

Full Text:

PDF

References


APA Style. Retrieved from http://www.apastyle.org/ Bilsky W, Schwartz, Shalom H. Values and Personality. European Journal of Personality. 1994: 8; 163-81. Bilsky, W. On The Content and Structure of Values : Universal or Methodological Artefacts?; 1998 Borualogo, Ihsana S. Persepsi Remaja Batak Toba dan Mandailing di Medan Mengenai 9 Nilai Budaya Batak. Penelitian Mandiri; 2011 Borualogo, Ihsana S. Persepsi Remaja Batak di Bandung Terhadap Nilai Budaya Hamajuon dan Sistem Kekerabatan Dalihan Na Tolu Dalam Pembentukan Resilience. Penelitian Mandiri; 2012. Borualogo, Ihsana S. Pengaruh Nilai Budaya Merantau, Sistem Nilai, dan Dukungan Sosial Yang Dimediasi Harga Diri Terhadap Kepegasan Sebagai Penentu Kepuasan Hidup – Suatu Studi Psikologi Lintas Budaya Pada Mahasiswa Perantau Kelompok Etnik Batak, Minang, dan Sunda di Bandung. Disertasi : Program Doktor, Fakultas Psikologi UNPAD; 2015

Fischer, Ronald, Schwartz, Shalom. Whence Differences in Value Priorities? Individual, Cultural or Artifactual Sources. Journal of Cross-Cultural Psychology. 2011: 42, 1127-44. DOI: 10.1177/0022022110381429. Graziano, Anthony M, Raulin, Michael L. Research Methods – A Process of Inquiry Fourth Edition. USA : Allyn & Bacon; 2000 Knoppen, Desiree and Saris, Willem. Do We Have To Combine The Values in the Schwartz’ Human Values Scale? A Comment on The Davidov Studies. Survey Research Methods. 2009: 3; 91-103 Knoppen D, Saris, Willem. Schwartz’s Theory of Human Values : Balancing Homogenity of Reflective Items and Theoretical Coverage; 2009. Poortinga, Ype H, Van de Vijver, Fons. Values Across Cultures : Methodological Concerns. Papers presented on the Symposium ‘Values and Work : A Comparative Perspective in Tilburg University, The Netherlands; 1994. Schwartz, Shalom H. Universal in the Content and Structure Values : Theoretical Advances and Empirical Tests in 20 Countries. Journal of Advances in Experimental Social Psychology, 25. USA : Academic Press Inc; 1992. Schwartz, Shalom H. A Proposal For Measuring Value Orientations Across Nations; 1992. Schwartz, Shalom H. Basic Human Values. Paper presented on the Cross-National Comparison Seminar on the Quality and Comparability of Measures for Constructs in Comparative Research: Methods and Applications. Bolzano (Bozen), Italy, June 2009;10-13,: Spini, Dario. Measurement Equivalence of 10 Value Types From The Schwartz Value Survey Across 21 Countries. Journal of Cross-Cultural Psychology. 2003; 34, 3-23. DOI: 10.1177/0022022102239152 Torelli, Carlos J, Kaikati, Andrew M. (). Values As Predictors of Judgments and Behaviors : The Role of Abstract and Concrete Mindsets. Journal of Personality and Social Psychology, 2009: 96; 231-47. DOI: 10.1037/a0013836. Van de Vijver, Fons, & Poortinga, Ype. Cross-Cultural Generalization and Universality. Journal of Cross-Cultural Psychology, 1982: 13; 387-408. DOI: 10.1177/0022002182013004001. Van de Vijver, Fons, Hambleton, Ronald K. . Translating Tests : Some Practical Guidelines. Journal of European Psychologist, 1996:1; 89-99. Van de Vijver, Fons., & Leung, Kwok. Methods and data analysis for cross-cultural research.Thousand Oaks, CA: Sage. 1997. Van de Vijver Fons, Leung, Kwok. Methodological Issues in Psychological Research On Culture. Journal of Cross-Cultural Psychology. 2000: 31, 33-51. DOI: 10.1177/0022022100031001004 Van de Vijver Fons, Hofer Jan, Chasiotis, Athanasios. Chapter 2 : Methodology. Handbook of Cultural Developmental Science. 2007; page 21-38. Van de Vijver Fons, Tanaka-Matsumi, Junko. Chapter 29 : Multicultural Research Methods, Topics in Clinical and Abnormal Psychology. page 463-481

Van de Vijver Fons, Breugelmans, Seger M. Multiculturalism : Construct Validity and Stability. International Journal of Intercultural Relations. 2008; 32, 93-104. DOI :10.1016/j.ijintrel.2007.11.001