PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI RELASI GENDER PADA KELUARGA YANG MEMILIKI ANAK TUNA GRAHITA RINGAN)

Tri Na’imah, Dyah Siti Septiningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode yang digunakan ayah dan ibu dalam mengembangkan karakter anak tuna grahita ringan dan mengkaji relasi gender ayah ibu yang memiliki anak tuna grahita ringan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di Purwokerto dengan subyek penelitian orangtua dari anak tuna grahitaringan yang bersekolah di SLB C Yakut Purwokerto.  Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan focus group discussion (FGD). Analisis data menggunakan model analisis interaktif melalui tahapan reduksi data, sajian data dan verifikasi. Hasil penelitian adalah 1) anak tuna grahita ringan memiliki masalah pada rendahnya karakter sosial dan karakter pribadi. Hal ini ditunjukkan dengan beberapa masalah perilakunya yaitu kurang mandiri, kurang tanggungjawab, kurang dapat mengatur diri, kurang dapat mengontrol diri, suka berkelahi, berbicara tidak sopan, tidak peduli ke orang lain dan suka menentang; 2) metode yang digunakan dalam pengembangan karakter adalah memberi nasehat, memberi contoh, menciptakan atmosfir yang menyenangkan, memarahi dan memberi hukuman, 3) pola relasi gender dalam keluarga tuna grahita ringan adalah pola owner property dan pola head complement.

Keywords


Pendidikan karakter, anak tuna grahita ringan, relasi gender, keluarga 1

Full Text:

PDF

References


Anonim, tt, Dampak Sering Memarahi Anak, dalam http://terapiemosi.com/2014/03/24/0). Alwisol, (2006), Psikologi Kepribadian, Malang : UMM American Association on Mental Retardation (2002). Mental Retardation-Definition, classification and systems of supports, 10th edition. Washington, D.C.: AAMR. Commonwealth of Australia, (2005). Values Education Forum: Engaging Your School Community Australia: Departement of Education, Science and Training Ducharme, J., & DiAdamo, C. (2005). An errorless approach to management of child noncompliance in a special education setting. Research Brief. School Psychology Review, 34(1), 107-115. Gargiulo, R.M. (1985). Working with Parents of Exceptional Children: A Guide for Profesionals. Boston: Houghton Mifflin Company. Gohel, M., Mukherjee, S., & Choudhary, S.K, (2011), “Psychosocial impact on the Parents of mentally retarded children in Anand District”, h e a l t h l i n e, Volume 2 Issue 2 July-December 2011. Huitt, W. (2004). Character Development, Educational Psychology Interactive. Valdosta, GA: Valdosta State University. Kilpatrick, W. (1992). Why Johny Can’t Tell Right From Wrong. New York: Simon and Schuster, Inc. (books.google.co.id/books?isbn=0671870734... diunduh tanggal 20 Juni 2010). Kumar, I., Singh.A.R. & Akthar.S. (2009). Social development of children with mental retardation. Industrial Psychiatry Journal.18 (1):56 – 59 Koeswara, E. (1988). Agresi manusia. Bandung.: PT. Eresco.

Liunir, Z, tt, Kekerasan terhadap Anak; Permasalahan dan Pemecahannya Child Abuse : Problems and Solutions, dalam www.upi.edu. Martiningsih, S., (2008). Penanganan anak tunagrahita. http://www.scribd.com/doc/25481901/Penanganan-Tuna-Grahita (Diakses tanggal 10 Mei 2010 Musfiroh, (2008). Cerdas Melalui Bermain, Jakarta: Grasindo. Newman, B. M., and Newman, P. R. (1979). Developmental Through Life: A Psychosocial Approach. Illinois: The Dorsey Press Puolakka, P., Pesu, KM., Konu, A., Kurki, A., & Paavilainen, W., (2014), “Mental Health Promotion in a School Community by Using the Results From the WellBeing Profile : An Action Research Project”, Health Promotion Practice, Vol. 15, No. 1 44 –54, January 2014 Ranjan & Subbarao, (2013)., Language Stimulation for Children with Mental Retardation-An Activity Manual for Parents, Global Journal Of Human Social Science Linguistics & Education Volume 13 Issue 10 Version1.0 Year 2013. Rohinah, (2012), “Menimbang Relasi Gender Dalam Keluarga (Sebuah Tela’ah KritisFilosofis-Humanistik” Muwâzâh, Vol. 4, No. 1, Juli 2012. Rowatt Jr, G. Wade dan Rowatt M.J. (1990). Bila Suami Istri Bekerja. Yogyakarta: Kanisius Santrock, J. W., (2003). Life-Span Development Jilid 1. Jakarta: Erlangga Sconzoni, L.D. and John Sconzoni. (1981). Men, Women, and Change. USA : McGraw Hill Inc. Sobur, A. dan Septiawan. (1999). Renungan Perkawinan. Jakarta: Puspa Swara. Wardani, (1996), Pengantar Pendidikan Luar Biasa, Jakarta : Universitas Terbuka William, C. dan Wright, B. (2004). How To Live With Autism and Asperger Syndrome.(terjemahan), Jakarta: Dian Rakyat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.