HUBUNGAN INOVASI JASA DAN HARGA DENGAN KUALITAS PELAYANAN DI STROKE CENTER RS AL ISLAM

Siska Nia Irasanti, Wawang S. Sukarya, Rio Dananjaya

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan inovasi jasa dan harga dengan kualitas pelayanan di unit Stroke Center Rumah Sakit Al Islam. Tujuan jangka pendek penelitian ini adalah mengetahui hubungan inovasi jasa dan harga dengan kualitas pelayanan dapat dijadikan bahan pertimbangan rumah sakit untuk dapat menyusun strategi dalam meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas dari pasien. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah terciptanya sistem pelayanan rumah sakit untuk kesehatan yang lebih baik, khususnya penyakit Stroke sehingga kualitas pelayanan yang meningkat akan mengakibatkan citra rumah sakit menjadi lebih baik dan pada akhirnya akan menghasilkan kunjungan pasien yang lebih banyak. Jumlah dan kasus pasien yang meningkat dapat dijadikan sumber revenue dan juga memperkaya sumber ilmu untuk peningkatan profesionalisme mahasiswa Fakultas Kedokteran yang sedang melaksanakan ko asistensi di RS Al Islam. Metode yang digunakan adalah descriptive dan eksplanatory survey dengan pendekatan cross sectional. Survey dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Metoda pengambilan sampelnya adalah Accidental Sampling pada pasien Stroke di unit Stroke Center RS Al Islam yang telah memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi sebanyak 256 pasien. Analisis statistik yang digunakan adalah menggunakan linear structural equation modelling (SEM) dan overall goodness of fit effect digunakan untuk pengukuran model struktural pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif yang secara statistik bermakna dari variabel inovasi jasa dan harga dengan kualitas pelayanan di Stroke Center RS Al Islam Bandung secara parsial (t hitung 2,43 dan 2,77 > tabel=1,96 dan α=0,05) dan secara simultan (F=0,000<F tabel=0,005 dengan α=0,05). Inovasi jasa dan harga memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kualitas pelayanan di Stroke Center RS Al Islam Bandung.

Keywords


inovasi jasa, harga, kualitas pelayanan, stroke center

Full Text:

PDF

References


Aaker, David. Managing Brand Equity. New York: Free Press; 1991.

Aas TH, Pedersen PE. (2010). The Firm Level Effects of Service Innovation : A Literature Review. International Journal of Innovation Management. 2010; 14 (5): 759-94.

A Bowling, G Rowe, N Lambert, M Waddington, KR Mahtani, C Kenten, et al. “The measurement of patients’ expectations for health care: a review and psychometric testing of a measure of patients’ expectationsâ€. Health Technology Assessment Journal. 2012; 16 (30) ISSN 1366-5278.

Adair, John. Effective Innovation : How to stay ahead of the Competition. London: Pan Books Ltd; 1996.

Awak. Survei kepuasan pasien Rumah Sakit Stroke Nasional Bukit Tinggi. Diunduh dari : http://thesis.binus.ac.id/Doc/Bab1/2011-2-01064-PS%20Bab1001.pdf; 2014.

Depkes. Riset Kesehatan Dasar. Diunduh dari : http://www.depkes.go.id/resources/download/general/Hasil%20Riskesdas%202013.pdf; 2013.

Ekrem C Ph.D.†Service Quality : The Development of a multiple Item Scale in Hospitalsâ€. Journal Problems and Perspectives in Management. 2007; 5 (3),.

Ferdinand, Augusty. Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen : Aplikasi Model-model Rumit dalam penelitian untuk Thesis Magister & Desertasi, Doktor. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang; 2006.

Fitzsimmons. Service Management 7th ed. New York: McGraw-Hill Company; 2011.

Irasanti, Siska N, et al. Pengaruh inovasi jasa dan harga terhadap nilai yang dirasakan pasien di Stroke Center RS Al Islam. GHMC J. 2015; 3 (1). ISSN: 2301-9123 (Print)ISSN: 2460-5441 (Online)

Schiffman LG, LL Kanuk. Consumer Behavior 9th editions. Upper Saddle River, New Jersey: Prentice-Hall, Inc; 2006.

Siregar FA. Determinan kejadian stroke pada penderita rawat inap RSUP H.Adam Malik Medan; 2005. Di unduh dari : http://usupress.usu.ac.id/. Di akses pada tanggal 22 April 2012.

Yung-CC, The Influences of Brand Innovation on Customer Value: Using Double-Distal Mediators of Brand Perception and Brand Equity. The Journal of Global Business Management. 2013; 9 (2) June issue, Special Edition

Zeithaml VA, Bitner MJ. Services Marketing 7rd edition. New York: The McGraw Hill Company, Inc; 1996.