HUBUNGAN IKLAN DENTAL DENGAN SIKAP DAN POTENSI PENINGKATAN KUALITAS HIDUP IBU RUMAH TANGGA RW 02 KELURAHAN PISANG CANDI KOTA MALANG

Yuanita Lely Rachmawati, Merlya Balbeid, Vareyna Dian Nanda

Abstract


Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian integral dari kesehatan tubuh, artinya tubuh yang sehat tidak terlepas dari gigi dan mulut yang sehat. Hasil Survei Kesehatan Rumah Tangga 2004 menunjukkan secara umum diantara penyakit yang dikeluhkan dan yang tidak dikeluhkan, prevalensi tertinggi adalah penyakit gigi dan mulut yang meliputi 60% penduduk. Untuk mengurangi penyakit gigi dan mulut tersebut, diperlukan kegiatan promotif salah satunya dengan penayangan iklan dental. Iklan dental di televisi merupakan salah satu media promosi kesehatan yang dapat menarik perhatian masyarakat terutama ibu rumah tangga. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan iklan dental terhadap sikap dan potensi peningkatan kualias hidup ibu rumah tangga RW 02 Kelurahan Pisang Candi Kota Malang. Penelitian ini merupakan studi deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling didapatkan 105 responden. Responden mengisi 3 kuesioner yang terdiri kuesioner tentang iklan dental, sikap, dan kualitas hidup (OHIP-14). Hasil uji Spearman didapatkan nilai p>0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara iklan dental dengan sikap dan kualitas hidup (OHIP-14).

Keywords


Iklan dental, sikap, kualitas hidup (OHIP-14)

Full Text:

PDF

References


Aprisentia R. Tingkat Pengetahuan Siswa SD di Surabaya Tentang Isi Pesan Ilan Pasta Gigi Pepsodent Versi “Periksa Gigi” di Media Televisi. Surabaya: UPN Veteran; 2010.

Arfianto W. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Iklan Pada Media Televisi. Semarang: Undip; 2010.

Azwar, S. 2009. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Jakarta: Pustaka Pelajar

Dewi O. Hubungan Maloklusi Dengan Kualitaf Hidup Pada Remaja SMU Kota Medan Tahun 2007. Medan: USU e-Repository; 2008.

Khairifa, Fenni. Penyampaian Iklan Layanan Masyarakat Kepada Khalayak. Sumatra Utara: Jurnal Harmoni Sosial; 2007.

Locker D, Matear D, Stephens M, Lawrence H, Payne B. Comparison of the GOHAI and OHIP-14 as measure of the Oral Healh-Related Quality of Life of the Elderly. Community Dent Oral Epidemiol. 2001; 29 : 373-381

Notoatmodjo, Soekidjo. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: PT. Rineka Cipta; 2007.

Nurshinta. Analisis Hubungan Sikap Konsumen Terhadap Iklan dengan Sikap Konsumen Terhadap Produk Flexi Trendy di Media Televisi Pada PT. Telekomunikasi Indonesi, Tbk. Jakarta: UPN Veteran; 2009.

Situmorang. Dampak Karies Gigi dan Penyakit Periodontal Terhadap Kualitas Hidup. Medan: USU e-Repository; 2005.

Sondang. Menuju Gigi dan Mulut Sehat. Medan: USU Press; 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.