POS DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG KOMPREHENSIF DI KECAMATAN JABUNG, KABUPATEN MALANG

Yuanita Lely Rachmawati, Dyah Nawang Palupi, Delfi Fitriani

Abstract


Tumbuh kembang balita dapat diamati dari gerak kasar, gerak halus, kemampuan bicara, bahasa, bersosialisasi, kemandirian, dan pertumbuhan gigi geligi. Untuk dapat melakukan pengamatan tersebut perlu dibuat ceklis skrining perkembangan komprehensif yang mencakup pertumbuhan gigi geligi sebagai pelengkap instrumen deteksi dini tumbuh kembang balita. Berdasarkan latar belakang di atas, muncul inisiatif untuk mendirikan Pos DDTK komprehensif, menyusun buku saku dan kartu DDTK komprehensif yang diimplementasikan dalam kegiatan pengabdian masyarakat dengan menggandeng 2 mitra yaitu Puskesmas Jabung dan Koordinator PAUD Sekecamatan Jabung. Hasil evaluasi pelatihan DDTK Komprehensif menunjukkan, guru PAUD dapat melakukan pemeriksaan dan pengisian kartu DDTK Komprehensif secara mandiri.

Keywords


Deteksi dini, tumbuh, kembang, balita

Full Text:

PDF

References


BAPPENAS. Pedoman Umum: Pengembangan Anak Usia Dini Holistik dan Integratif, Jakarta; 2012.

Depkes RI. Instrumen Deteksi Dini Penyimpangan Perkembangan Pada Balita dan Anak Prasekolah; 2009.

Depkes RI. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Dasar; 2005.

Dikti Kemendikbud. Panduan Pelaksanaan Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat edisi IX http://jabung.malangkab.go.id; 2013

Kemendiknas. Manfaat Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak; 2011.

Kurniawan Kadafi. Mengetahui Problem Kesehatan Anak, Era Baru Pressindo

Tahap-Tahap Perkembangan Anak. 2013 [diakses tanggal 21 Juni 2014, 11.35 WIB] www.rumahsakitmitrakemayoran.com,.