STUDI MENGENAI NILAI PERSONAL PADA KARYAWAN PERGURUAN TINGGI ISLAM DI BANDUNG JAWA BARAT

Eneng Nurlaili Wangi

Abstract


Manusia adalah makhluk yang unik dan kompleks dengan latar belakang nilai-nilai yang tumbuh di dalam keluarga maupun lingkungan. Keberagaman nilai pada orang yang bekerja akan menimbulkan konsekuensi yang bermacam-macam terutama cara bersikap. Nilai-nilai itulah yang mempengaruhi cara seseorang dalam berperilaku termasuk dalam bekerja. Nilai merupakan faktor yang menentukan segala tingkah laku yang dapat disebut tingkah laku sosial seperti tindakan sosial, sikap, ideology, evaluasi, penilaian moral, dan pembenaran mengenai diri dan orang lain, memperbandingkan diri dengan orang lain, menampilkan diri pada orang lain, tingkah laku dalam bekerja dan pijakan dalam memengaruhi orang lain (Milton Rokeach,1973). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai personal yang dimiliki Karyawan perguruan tinggi Islam di Bandung Jawa Barat dan juga sebagai studi lanjutan dari studi awal terkait dengan kesejahteraan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk memperoleh gambaran mengenai nilai personal pada Karyawan perguruan tinggi Islam di Bandung Jawa Barat, serta menganalisis faktor-faktor apa saja yang sudah atau belum memadai. Analisis dilakukan dalam bentuk analisis data primer hasil penyebaran kuesioner dan wawancara. Alat ukur dikembangkan menggunakan konsep Nilai Personal yang dikemukakan Schwartz dan Bardi (2001). Hasil menunjukkan bahwa terdapat nilai personal yapada Karyawan perguruan tinggi islam di Bandung Jawa Barat, nilai personal tersebut  adalah nilai spiritual.

 


Keywords


Nilai Personal, Nilai Spiritual, Karyawan

Full Text:

PDF

References


Ashmos, D. P. dan Dennis D. (2000). Spirituality at Work a Conceptualization and Measure. Journal of Management Inquiry. Juni. 9, 2. ABI/INFORM Global. p. 134-145

(Bhunia & Mukhuti, 2011; Bouarif, 2015; Burton, 2012; Chang, 2009; Chirkov & Ryan, 2001; Cipriani, n.d.; Cooper, 2001; Deci et al., 2001; Deci & Ryan, 2008; “Dr. Kailash C. Barmola (Amity Institute of Behavioural and Allied Sciences, Amity University Rajasthan, Jaipur) DIP: 18.01.182/20160302,†n.d.; Eccles & Wigfield, 2002; Ellison, 2006; Firman Menne, Muhammad Ali, Abd. Hamid Habbe, & Yohanis Rura, 2016; Gholizade, Masoudi, Maleki, Aeenparast, & Barzegar, 2014; Haase, Heckhausen, & Silbereisen, 2012; Koenig & Al Shohaib, 2014; Osman-Gani, Hashim, & Ismail, 2010; Osteen, 2013; Parks & Guay, 2009; Salleh, Zahari, Said, & Ali, 2016; Sheiky & Farzan, 2015; Siwek, Oleszkowicz, & Słowińska, 2017; Taris & Schaufeli, 2014; Tella, Ayeni, & Popoola, 2007; Thomas, 2014; Vaters, 2015; Yi, Gore, & Kanagawa, 2014)Bhunia, A., & Mukhuti, S. S. (2011). Workplace Spirituality on Motivations for Earnings Management-An Empirical Analysis © Society for Business and Management Dynamics © Society for Business and Management Dynamics, 1(4), 20–32.

Damping, M.M.E.W. 2004. Pengaruh Spiritualitas terha-dap Komitmen Organisasi dan Dampaknya pada Sikap Karyawan dalam Menghadapi Perubahan Organisasi (Studi Kasus pada Karyawan RS. Tlogorejo Semarang), Program Studi MagisterManajemen, Program Pasca Sarjana, Universitas Diponegoro Semarang.

Nazir, Mohammad. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rego, A., and Cunha, E., Miguel, P. 2008. Workplace Spirituality and Organizational Commitment: An Empirical Study. Journal of Organizational Change Management,Vol. 21, No. 1, pp. 53–75.

Robbins, Stephen P. (2008). Organizational Behavior. 13th Edition. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Rokeach, Milton. 1973. The Nature of Human Values. London: The Free Press, A Division of Macmillan Publishing Co., Inc. New York. Collier Macmillan Publisher.

Schwartz, Shalom H, (1992) Universal in the Content and Strukture Value: Theoretical Advances and Empirical Tests in 20 Countries, Journal of Advances in Experimental Social Psychology,25.USA ; Academic Press Inc

Schwartz, Shalom H, (1992), A Proposal For Measuring value Orientations Across Nation.

Zamor, J. C. G. (2003). Workplace Spirituality and Organizational Performance. Public Administration Review. May/June. Vol. 63. No. 3. p. 355-363.