EVALUASI PENCAPAIAN PERSALINAN OLEH TENAGA KESEHATAN DI DINAS KESEHATAN KOTA CIMAHI TAHUN 2012

Masyrifah Susiyanti

Abstract


Penolong persalinan oleh tenaga kesehatan terlatih di fasilitas kesehatan merupakan syarat aman untuk mencegah dan menangani terjadinya komplikasi kehamilan dan persalinan. Pencapaian persalinan oleh tenaga kesehatan di Kota Cimahi dalam tiga tahun berturut-turut menurun, hal ini disebabkan karena masih adanya persalinan oleh dukun paraji. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menggali lebih dalam pandangan informan mengenai program KIA khususnya linakes di Kota Cimahi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data dilaksanakan dengan cara Focus Group Disccusion (FGD), wawancara mendalam dan kajian dokumen. Penelitian ini menunjukan penyebab persalinan nakes rendah disebabkan kurang optimalnya pelayanan kesehatan, kemitraan bidan dengan dukun paraji, pelaksanaan kelas bumil, Jampersal dan implementasi Perda KIBBLA. Dinas Kesehatan Kota Cimahi diharapkan dapat meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat tentang linakes, kerjasama lintas sektor, kerjasama dengan Perguruan Tinggi bidang kesehatan di Kota Cimahi, kemitraan bidan dengan dukun paraji serta meningkatkan kinerja bidan.


Keywords


Kualitatif, Evaluasi Persalinan Oleh Tenaga Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Depkes RI. (2008). Pedoman Kemitraan Bidan Dengan Dukun. Jakarta: Departemen Kesehatan RI

Depkes RI. (2009). Pedoman Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta: Departemen Kesehatan RI

Dinkes Jabar. (2012). Materi Presentasi Dinkes Jawa Barat. http://www.binfar. depkes.go.id/bmsimages/1362669829.ppt

Dinkes Kota Cimahi, (2011). Profil Dinas Kesehatan Kota Cimahi. Cimahi: Dinas Kesehatan Kota Cimahi

Dinkes Kota Cimahi, (2012). Data Persalinan Dinas Kesehatan Kota Cimahi Tahun 2012. Cimahi: Dinas Kesehatan Kota Cimahi

Moleong,M.A. (2004). Metedologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Manuaba. (2007). Pengantar Kuliah Obstetri. Jakarta: ECG.

Rikesdas. (2010). Laporan Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan RI.

Saifuddin, AB. (2009). Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Sari, T.W, Agushybana, F, Dharmawan, Y. (2010). Analisis Spasial Pemilihan Tempat Pertolongan Persalinan di Kelurahan Sendangmulyo Semarang Tahun 2010. Semarang: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.

Syafrudin, Hamidah. (2009). Kebidanan Komunitas. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran ECG.http://books.google.co.id/books?id=qTqERPPWTYAC&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false