METODE PRE-TEST DAN POST-TEST SEBAGAI SALAH SATU ALAT UKUR KEBERHASILAN KEGIATAN PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG TUBERKULOSIS DI KELURAHAN UTAN PANJANG, JAKARTA PUSAT

Ndaru Andri Damayanti, Miranti Pusparini, Titiek Djannatun, Rika Ferlianti

Abstract


Penyuluhan merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan sekelompok responden. Penyuluhan kesehatan mengenai penyakit TB paru telah dilakukan untuk merubah perilaku responden sehingga memiliki kesadaran untuk hidup lebih baik dan sehat. Keberhasilan penyuluhan dapat diukur dengan melihat adanya peningkatan nilai pre-test dan post-test yang diperoleh dari responden. Materi penyuluhan yang diberikan meliputi pengetahuan tentang cara penularan, pencegahan dan pengobatan infeksi TB paru. Penyuluhan diberikan kepada 2 kelompok responden . kelompok pertama adalah ibu-ibu PKK dan kelompok kedua adalah siswa-siswi SMA di wilayah Kelurahan Utan Panjang, Jakarta Pusat. Hasil kegiatan menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan responden yang diketahui melalui nilai pretest dan posttest. Pengetahuan kelompok  ibu-ibu PKK meningkat sebanyak 14,62% sedangkan pengetahuan kelompok siswa SMA sebanyak 45,11%. Peningkatan pengetahuan ini terjadi sebesar 100% pada semua kelompok masyarakat baik ibu- ibu PKK dan siswa SMA. Secara keseluruhan, tingkat kepuasan pelaksanaan penyuluhan kesehatan bagi kelompok masyarakat yaitu  pada tingkat cukup hingga baik. Kesimpulan yang diperoleh yaitu penggunaan metode pre-test dan post-test dapat menjadi indikator keberhasilan kegiatan penyuluhan. Angka pengetahuan pada masing-masing kelompok responden mengalami peningkatan. 


Keywords


Penyuluhan, Pre-test, Post-test

Full Text:

PDF

References


Costa, M, Choosing the Right Assessment Method: Pre-Test/Post-Test Evaluation, Boston University, Cabrillo Colleges SLO websites 12/17/2013; Revised 4/23/2014.

Depkes RI. 2002. Pedoman Diagnosis & Penatalaksanaan Tuberkulosis di Indonesia, Departemen Kesehatan RI, Jakarta.

Depkes RI, 2008, Pusat Promosi Kesehatan, Pedoman Pengelolaan Promosi Kesehatan, dalam Pencapaian PHBS, Jakarta.

Kemenkes RI, 2011, Promosi Kesehatan di Daerah Bermasalah Kesehatan Panduan bagi Petugas Kesehatan di Puskesmas. Jakarta.

Notoatmodjo, S. 2010. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta.

Purwanto, M.N, 1998. Prinsip- prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, CV Remaja Karya, Bandung, Hlm. 38.

Riskesda, 2010, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI, Jakarta.

WHO, 2010, Guide to Hygiene and Sanitation in Aviation Third Edition, Module 1: Water and Module 2: Cleaning and Disinfection of Facilities, Geneva.