PENGEMBANGAN FORMULA FAST DISINTEGRATING ORAL TABLET (FDOT) DARI KOMPLEKS INKLUSI GLIMEPIRID-BETASIKLODEKSTRIN

Fitrianti Darusman, Arlina Prima Putri, Livia Syafnir, Kiki Loviana

Abstract


Fast Disintegrating Oral Tablet (FDOT) merupakan pengembangan sistem penghantaran sediaan oral yang dimaksudkan agar bahan aktif farmasi dapat segera dilepaskan tanpa menggunakan air minum dan diabsorbsi ke dalam tubuh melalui rongga mulut sehingga lebih mudah ditelan terutama bagi pasien yang mengalami kesulitan menelan obat yang pada akhirnya dapat meningkatkan kepatuhan pasien dalam mengkonsumsi obat. Glimepirid termasuk dalam Biopharmaceutics Classification System (BCS) kelas II yang mempunyai kelarutan yang rendah dalam air. Pembentukan kompleks inklusi menggunakan senyawa betasiklodekstrin diketahui dapat meningkatkan kelarutan sekaligus dapat menekan rasa pahit dari glimepirid. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan sediaan FDOT yang mengandung kompleks inklusi glimepirid-betasiklodekstrin (1:2). Pengembangan formula tablet diawali dengan melakukan orientasi formula menggunakan beberapa konsentrasi crospovidone sebagai superdisintegran. Formulasi FDOT dibuat menjadi dua formula yang mengandung glimepirid murni dan kompleks inklusi glimepirid-betasiklodekstrin (1:2) sebagai bahan aktif, menggunakan metode kempa langsung dengan bahan pengisi laktosa bentuk granul. Sediaan FDOT dievaluasi secara fisik meliputi evaluasi umum tablet dan evaluasi khusus FDOT. Formula FDOT terbaik dari hasil orientasi yaitu yang mengandung crospovidone 5%. Formula FDOT yang mengandung kompleks inklusi GMP-BCD (1:2) terbukti memiliki rasa yang manis dan laju disolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan formula FDOT yang mengandung glimepirid murni.


Keywords


glimepirid, kompleks inklusi, betasiklodekstrin, fast disintegrating oral tablet (FDOT)

Full Text:

PDF

References


Challa, R., Ahuja, A., Ali, J., Khar, R.K. (2005). Cyclodextrins in Drug Delivery: An Update Review. AAPS PharmSciTech. 6 (2) Article 43: E329-E357.

Ammar, H.O., H.A. Salama, M. Ghorab, A. Mahmoud, 2006, Formulation and Biological Evaluation of Glimepiride-Cyclodextrin-Polymer Systems, Int. J. Pharm. 309, 129-138.

Liu, R., 2000, Water Insoluble Drug Formulation, Taylor and Francis Group, Boca raton, London, New York, 493-517

Sweetman, S. C., (Ed), 2007, Martindale, The Complete Drug Reference, 35th Ed., Pharmaceutical Press, London, Chicago, 399-400

Rachmawati Heni, Marbun Juliana Estherina, Pamudji S. Jessie, 2011, Pengembangan formula tablet hancur cepat dari kompleks inklusi ketoprofen dalam beta siklodekstrin, Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung.