HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWI FAKULTAS PSIKOLOGI DI PERGURUAN TINGGI WILAYAH PALEMBANG YANG MELAKUKAN BELANJA ONLINE

Desy Arisandy, Dwi Hurriyati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui secara empiris hubungan antara kontrol diri dengan impulsive buying pada mahasiswi fakultas psikologi di perguruan tinggi wilayah palembang yang melakukan belanja online. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kontrol diri dengan impulsive buying pada mahasiswi fakultas psikologi di perguruan tinggi wilayah Palembang yang melakukan belanja online. Pengumpulan data menggunakan kuisioner kontrol diri dan impulsive buying dengan skala likert. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 700 mahasiswi fakultas psikologi perguruan tinggi wilayah palembang,  sedangkan jumlah sampel penelitian yang digunakan sebanyak 339 mahasiswi fakultas psikologi yang didapat melalui teknik purposive sampling. Tehnik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui bahwa nilai F  = 0.497 dengan nilai signifikansi (p) = 0,001. Hal ini berarti terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kontrol diri dan impulsive buying pada mahasiswi fakultas psikologi perguruan tinggi wilayah palembang yang melakukan belanja online


Keywords


kontrol diri, impulsive buying

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Cetakan II Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baumister, R.F., Sparks, E.A., Stillman, T.F. 2008. Free Will in Consumer Behaviour: Self-Control, Ego Dopletion, And Choice. Journal of Consumer Physchology.

Chaplin, J. P. (2006). Kamus Lengkap Psikologi (Kartini Kartono, Trans.). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ghufron, M.N., Risnawita, R.S. (2010). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Hurlock, E.B. (2003). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Kharis, I.F. 2010. Studi Mengenai Impulsive Buying Dalam Penjualan Online. Jurnal Impulse Buying.

Mowen, J.C., Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Edisi kelima Jilid 2 (Terjemahan). Jakarta: PT. Erlangga.

Santrock, J.W. (2011). Adolescence: Perkembangan Remaja. Edisi ke enam. Jakarta: Erlangga.

Schiffman, L., Kanuk, L.L. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Bahasa Indonesia, Cetakan Kedua PT.Indeks.

Utami, A.F., Sumaryono. 2008. Pembelian Impulsif ditinjau dari Kontrol Diri dan Jenis Kelamin pada Remaja. Jurnal Psikologi Proyeksi.