Analisis Framing Berita Korupsi e-KTP Setya Novanto Pada Media Online

Henny Sri Kusumawati, Nuryani Tri Rahayu, Retno Handayani

Abstract


Media online memiliki banyak kelebihan dalam menyampaikan informasi kepada khalayak, salah satunya adalah kecepatan berita yang jauh lebih cepat dibandingkan media konvensional. Sebagai contoh pemberitaan korupsi megaproyek e-KTP yang dilakukan Setya Novanto. Pada bulan November 2017. KPK kembali menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka kasus korupsi megaproyek e-KTP hingga resmi penahanannya. Hal ini membuat media massa tak luput memberitakan kasus ini.  Salah satu media yang ikut memberitakan peristiwa tersebut adalah Tribunnews.com. Penelitian ini mengkaji delapan berita yang diterbitkan   Tribunnews.com.   Penelitian   ini   bertujuan   mengkaji   bagaimana framing pemberitaan yang dilakukan terhadap pemberitaan korupsi e-KTP Setya Novanto di media online Tribunnews.com. Penelitian ini mengambil rumusan masalah bagaimana Tribunnews.com membangun struktur wacana framing dalam pemberitaan seputar korupsi e-KTP Setya Novanto periode November 2017. Sedangkan metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis framing model Pan dan Kosicki. Peran analisis framing dalam penelitian ini amat pokok, dimana analisis framing digunakan untuk melihat struktur atau komposisi berita dari empat elemen yaitu sintaksis, skrip, tematik, dan retoris yang digunakan untuk menganalisis berita seputar korupsi e-KTP Setya Novanto di Tribunnews.com. Dari analisis tersebut diperoleh hasil bahwa dari konstruksi berita seputar   korupsi   e-KTP   Setya   Novanto   dalam   pengemasan   beritanya   menekankan pada sosok Setya Novanto selaku tersangka korupsi e-KTP, dan framing pemberitaan Tribunnews.com dilakukan dengan cara antara lain:  pemilihan sumber berita, pemilihan kutipan dari sumber berita, dan gambar, elemen tersebut digunakan untuk mendukung struktur framing yang dibangun Tribunnews.com.


Keywords


framing, media online, korupsi e-KTP Setya Novanto

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus

Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana

Djunarto, Totok. 2000. Manajemen Penerbitan Pers. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Effendy, Onong. 2008. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Eriyanto. 2011. Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKiS.

Kusumaningrat, Hamad dan Purnama Kusumaningrat. 2007. Jurnalistik, Teori, dan Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

M.Romli, Asep Syamsul, 2012. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola

Media Online. Bandung: PT. Refika Aditama.

Moleong, Lexy J. 2007: Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2015. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nurudin. 2007. Pengantar Imu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Rahmat, Jalaludin. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sobur, Alex. 2012. Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Skripsi

Mawardi, Gema. 2012. Pembingkaian Berita Media Online (Analisis Framing Berita Mundurnya Surya Paloh dari Partai Golkar di mediaindonesia.com dan vivanews.com Tanggal 7 September 2011) . Universitas Indonesia.

Putera, Ghanesa Eka. 2014. Bingkai Media Terhadap Pemberitaan Capres Jokowi Pada Pilpres 2014 (Analisis Framing Media Online Kompas.com dan Detik.com). Universitas Diponegoro.

Samudro, Erlangga Panji. 2015. Pembingkaian Berita Media Online (Analisis Framing Berita Viva.co.id dan Metrotvnews.com Mengenai Kisruh Kepengurusan Partai Golkar. Universitas Bina Nusantara.

Surya, Ahmad Oky. 2017. Pembingkaian Berita Pencalonan Gubernur Dalam Media Online (Analisis Framing Berita Basuki Tjahaja Purnama dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017 melalui Jalur Independen di Portal Berita Sindonews.com. Universitas Sunan Kalijaga.

Tesis

Citra Hayati Nainggolan, (2017). Analisis Framing Pemberitaan Ganjar Pranowo Dalam Kasus Korupsi e-KTP (Tribunnews, Jawa Pos, dan Suara Merdeka periode Agustus-November 2015 dan Maret 2017). Tesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Semarang: Univ. Diponegoro.

Jurnal

Tari Suprobo, Royke Siahainenia, dan Dewi Kartika Sari. (2016). Analisis Framing Media Online Dalam Pemberitaan Profil Dan Kebijakan Menteri Susi Pudjiastuti (Studi Pada Situs Berita Detik.com, Kompas.com dan Antaranews.com periode Oktober - Desember 2014), CAKRAWALA, Jurnal Penelitian Sosial, vol 5 no 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.