PROBLEMATIC INTERNET USE PADA ROLEPLAYER YANG TERGABUNG DALAM “KAUM ELITE†PROBLEMATIC INTENET USE OF ROLEPLAYER IN “KAUM ELITEâ€

Riry Agustin Nadia, Dewi Sartika, Ayu Tuty Utami

Abstract


Abstrak:  Terdapat sebuah komunitas yang dinamakan roleplayer dimana para anggota nya menciptakan pertemanan secara online dengan menggunakan figur artis dan membuat virtual personality. Para roleplayer ini memiliki perkumpulan tertentu sesuai dengan status di kehidupan aslinya salah satu nya adalah “ kaum elite “ yang berisi roleplayer berusia 18-23 tahun. Mereka menghabiskan waktu lebih banyak di dunia roleplayer nya dan lebih banyak berinteraksi dengan sesama roleplayer sehingga berdampak negatif pada kehidupan nyata mereka. Hal tersebut memungkinkan para roleplayer mengalami gejala Problematic Internet Use (PIU). PIU  menurut Caplan ( 2002 ) merupakan sebagai bentuk perilaku dan kognitif yang diasosiasikan dengan internet yang menghasilkan konsekuensi yang negatif dalam hal pribadi maupun profesional seseorang. Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh gambaran empirik mengenai gejala Problematic Internet Use yang muncul pada roleplayer yang tergabung ke dalam kaum elite. Metode yang digunakan yaitu studi deskriptif dengan sampel sebanyak 109 orang dengan teknik sampling snowball. Alat ukur yang digunakan berupa kuisioner generalized problematic internet use (GPIUS 2) oleh Caplan yang di adaptasi oleh peneliti ke dalam bahasa indonesia dan disesuaikan dengan kondisi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para roleplayer yang tergabung dalam kaum elite memiliki tingkat problematic internet use yang termasuk ke dalam moderate ada 89 subyek, tingkat severe 18 subyek dan mild 2 subyek.
 
Kata kunci:  Problematic Internet Use, roleplayer, kaum elite
 
Abstract:. There is a community named “roleplayer†which that the member created a friendship in online basic, by use an artist figure, and make a visual personality. There roleplayer have a certain community that appropriate with a real life status, one of them is called “kaum elite†that contain a 18-23 years old of roleplayer. They are spending more time in their roleplayer world and interracting more with a fellow roleplayer that give a negative impact to their real life. It allow the roleplayer to have an indication of Problematic Internet Use. Davis (2001) conceptualizes PIU as a multidimensional syndrome that consists of cognitive, emotional, and behavioral symptoms that lead to difficulties in managing one’s offline life. The purpose of this research is to get empirical describe about indication of Problematic Internet Use that appear a roleplayer in “kaum elite†community. The method that used in this research is descriptive study with 109 samples and took with snowball sampling technic. The measuring instrument that used is a questionnare of Generalized Problematic Internet Use (GPIUS) 2 from Caplan that adapted by researcher to Bahasa and appropriate with a research. The result of a research showed that the roleplayer in “Kaum elite†community have 89 subject in a moderate level of Problematic Internet Use, 18 subject in a severe level and 18 subject in a mild level.
 
Keywords: Problematic Internet Use, roleplayer, kaum elite

Full Text:

PDF