STRESS PENGASUHAN PADA IBU DENGAN ANAK RETARDASI MENTAL SEDANG PARENTING STRESS IN MOTHERS WITH MODERATE MENTAL RETARDATION CHILDREN

Widad Nibras Fairus Irbah, Endang Supraptiningsih, Stephani Raihana Hamdan

Abstract


Abstrak:  Kesulitan-kesulitan yang dialami ibu dengan anak retardasi mental sedang ialah kurangnya pengetahuan dalam menangani anak, perilaku anak yang menyulitkan pengasuhan, dan interaksi antara ibu dan anak yang tidak berjalan dengan baik. Namun terdapat juga ibu yang tetap menikmati pengasuhan pada anak retardasi mental sedang sehingga menambah pengetahuan, perilaku anak memudahkan pengasuhan, serta interaksi ibu-anak yang berjalan baik. Hal tersebut berkaitan dengan stress pengasuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui stress pengasuhan pada Ibu dengan anak retardasi mental sedang di SLB YPLAB Lembang. Metode penelitian yang digunakan ialah studi deksriptif. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan studi populasi, dengan subjek penelitian sebanyak 25 ibu dengan anak retardasi mental sedang usia 6-10 tahun. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner mengenai stress pengasuhan berdasarkan Deater-Deckard (2004). Stres pengasuhan dapat dipahami sebagai stres atau situasi penuh tekanan yang terjadi pada pelaksanaan tugas perkembangan anak.  Data yang diperoleh merupakan data ordinal. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak sebanyak 16 ibu (64%) memaknai Stress pengasuhan yang rendah, serta 9 ibu (36%) memaknai Stress pengasuhan yang tinggi.
 
Kata kunci: Stress pengasuhan, dan Ibu anak Retardasi Mental Sedang
 
Abstract:  The difficulties experienced by mothers with Retardasi Mental Sedang children are the lack of knowledge in dealing with children, the behavior of children who complicate parenting, and the interaction between mothers and children who are not going well. But there are also mothers who continue to enjoy parenting in Retardasi Mental Sedang children so as to increase knowledge, child's behavior ease parenting, and mother-child interaction is going well. It is related to Parenting stress. The purpose of this study is to determine Parenting stress in Mother with Moderate Mental Retardation Children in SLB YPLAB Lembang. The research method used is descriptive study. This research use population study, with the subject of research as many as 25 mothers with Moderate Mental Retardation children aged 6-10 years. Measuring instrumen in this study used a questionnaire designed by researcher Parenting stress based on Deater-Deckard (2004) theories. The data obtained is ordinal data. The results showed that as many as 16 mothers (64%) interpreted low Parenting stress, and 9 mothers (36%) interpreted the high stress parenting.
 
Keywords: Parenting stress, Mothers with children Moderate Mental Retardation

Full Text:

PDF

References


Ahern, S. L. (2004). Psychometric Properties of The Parenting Stres Index-Short Form. Thesis. Raleigh: Faculty of Psychology North Carolina State University

American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed.). Washington, DC: Author.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Campito, Jan Starr (2007). Supportive Parenting Becoming an Advocate for Your Child with Special Needs. London N1 9JB, UK and 400 Market Street,Suite 400 Philadelphia,PA 19106,USA: Jessica Kingsley Publishers

Deckard, Kirby Deater (2004). Stress pengasuhan. New Haven and London: Yale University Press

Guilford, J.P. (1956). Fundamental Statistics in Psychology and Education. New York: McGraw Hill

Johnston, C., Hessel, D., Blassey, C., Eliez, S., Erba, H., Friedmen, J.D., Glasser, B., Reiss, A.L (2003). Factors Associated with Stress pengasuhan in Mothers

Noor, Hasanudin (2009). Psikometri Aplikasi Dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku. Jauhar Mandiri